Lilin Merah Selalu Menyala Saat Perayaan Imlek, Ini Maknanya

Perayaan Imlek selalu identik dengan lilin berukuran besar berwarna merah nyala apinya dapat bertahan hingga berbulan-bulan

Lilin Merah Selalu Menyala Saat Perayaan Imlek, Ini Maknanya
Pos Belitung/Dedy Qurniawan
Suasana warga bersembahyang di Kelenteng Dharma Suci, Jalan Sudirman Ujung Lipat Kajang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur, Sabtu (28/1/2017). 

POSBELITUNG.CO--Perayaan Imlek selalu identik dengan lilin berukuran besar berwarna merah nyala apinya dapat bertahan hingga berbulan-bulan dan apinya mengiringi para jemaat beribadah.

Pengurus Vihara Gayatri Darmawan mengatakan lilin yang diberikan oleh para jemaat itu memiliki makna khusus di hari Imlek, yakni melambangkan cahaya di tahun yang baru.

"Lilin ini maknanya sebagai penerangan, simbol penerangan di tahun yang baru. Harapannya biar semua urusan diperlancar. Pergantian tahun baru jadi lebih baik," kata Darmawan di Vihara Gayatri, Senin (4/2/2019).

Meski ukurannya besar, berat lilin tak disebut menggunakan satuan kilogram, melainkan menggunakan ukuran khusus yang disebut Kati.

Ada tujuh ukuran, yakni 20 Kati yang harganya Rp 380 ribu, 30 Kati seharga Rp 580, 50 Kati seharga Rp 1 juta, 100 Kati seharga Rp 2 juta, 200 Kati seharga Rp 3, 8 juta, 500 Kati seharga Rp 9 juta, dan 1 ribu Kati seharga Rp 18 juta.

"Harganya berbeda-beda, tergantung berapa Kati yang dibeli. Biasanya jemaat itu patungan, misalnya satu keluarga patungan beli. Jadi enggak pribadi sepenuhnya, tapi kalau sendiri ya bisa juga," ujarnya.

Lilin, lanjut Darmawan yang sudah dikirim ke Vihara sejak beberapa hari lalu bakal ditempatkan di sekililing Vihara mengiringi jemaat yang datang beribadah.

Vihara Gayatri sendiri mendapat kiriman puluhan lilin ukuran 500 Kati yang nyala apinya mampu bertahan hingga tiga bulan dan rencananya mulai dinyalakan esok hari.

"Kalau di sini yang paling besar itu ukuran 500 Kati. Itu nyala apinya bisa bertahan sampai tiga bulan. Rencananya mulai malam ini kita nyalakan sebagian, sisanya kita nyalakan besok," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Lilin Berwarna Merah Selalu Menyala Saat Perayaan Imlek, Apa Maknanya?

Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved