13 Desa di Kabupaten Belitung Belum Memiliki BUMDes

"Sisanya 13 Desa yang belum, itu tetap kami dampingi untuk segera membentuk sesuai potensi. Tapi tergantung kesiapan Desa nya seperti apa"

13 Desa di Kabupaten Belitung Belum Memiliki BUMDes
Dokumen Pos Belitung
ilustrasi - Hamparan pohon cabai yang digarap oleh BUMDes Mitra Jaya Selingsing, Jumat (9/3) dilahan eks tambang Desa Selingsing, Kecamatan Gantung. Pos Belitung/Disa Aryandi 

POSBELITUNG.CO  - Secara keseluruhan Kabupaten Belitung memiliki 42 Desa. Dari Pemerintah Desa (Pemdes) tersebut terdapat 29 Desa yang sudah memiliki BUMDes, yaitu 4 Bumdes di Kecamatan Tanjungpandan, 6 Bumdes di Kecamatan Badau, 9 Bumdes di Kecamatan Membalong, 3 Bumdes di Kecamatan Selat Nasik dan 7 Bumdes di Kecamatan Sijuk.

"Rata-rata yang sudah ada BUMDes saat ini, mayoritas menjalankan program Berkah Mart (program pemerintah provinsi menjual berbagai macam kebutuhan masyarakat di Desa). Itu yang aktif sekarang, dan dari BUMDes yang ada, ada 10 BUMDes yang menjalankan itu," kata Kasi Usaha Ekonomi Masyarakat (UEM) Dinas Pengendalian Pendudukan, Keluarga Berencana, Pengendalian Masyarakat dan Desa Kabupaten Belitung (DPPKBPMD) Ismail kepada posbelitung.co, Rabu (6/2/2019).

Sedangkan untuk BUMDes lainnya, lanjut dia, mengopersionalkan unit usaha sesuai dengan potensi masing-masing. Namun untuk DPPKBPMD tetap melakukan pendampingan dalam pembentukan BUMDes tersebut.

"Sisanya 13 Desa yang belum, itu tetap kami dampingi untuk segera membentuk sesuai potensi. Tapi tergantung kesiapan Desa nya seperti apa, namun didalam RPJMD Bupati dan Wakil Bupati sampai akhir periode di targetnya sudah 100 persen Desa memiliki BUMDes," pungkasnya. (Pos Belitung/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved