Mengadu ke Pemkab Belitung Cukup Lewat Hp

Bupati Belitung Sahani Saleh menggunting pita sebagai simbolis soft launching Belitung Saluran Aspirasi dan Pengaduan (Besadu).

Mengadu ke Pemkab Belitung Cukup Lewat Hp
posbelitung.co
Bupati Belitung Sahani Saleh didampingi Wakil Bupati Isyak Meirobi menggunting pita sebagai simbolis soft launching Belitung Saluran Aspirasi dan Pengaduan (Besadu), Senin (4/2). Program ini dimotori dinas komunikasi dan informatika (diskominfo) yang tujuannya menampung aduan dari masyarakat terhadap pemerintah daerah. 

POSBELITUNG.CO - Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) dan Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie melakukan soft launching Belitung Saluran Aspirasi dan Pengaduan (Besadu), Senin (4/2). Program ini dimotori dinas komunikasi dan informatika (diskominfo). Turut hadir dalam acara Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah Jasagung Hariyadi serta kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Program Besadu merupakan satu dari sekian visi misi Bupati dan wakil Bupati Belitung 2018-2023 menyangkut pelayanan publik terutama mengontrol sistem pelayanan pemerintah.

Besadu dalam bahasa Belitong berarti melapor sehingga menjadi wadah menampung berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat.

"Ini istilahnya sebagai pengganti kontak saran, namun ini lebih terkoordinir dan lebih menyesuaikan dengan kemajuan zaman. Karena saat ini sudah teknologi berkembang dan bisa secara langsung melaporkan melalui handphone (Hp)," kata Bupati Sanem.

"Layanannya dari pukul 08.00-16.00 WIB di nomor pengaduan 081908197819. Bisa melalui WhatsApp (WA) atau SMS dinomor tersebut."

Lanjut bupati, pengaduan juga bisa disampaikan melalui media sosial Facebook dan Instagram di akun besadu.belitung. Harapannya pemerintah bisa terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

"Ini adalah bentuk komitmen kami dalam menjalankan program yang telah kami sampaikan sewaktu kampanye kemarin. Tentu ke depan, ini akan kami kemas lagi, dan lebih mengarah kepada program smart island atau biasa dikenal smart city," ucapnya.

Namun, kata Sanem, semua ini tetap harus terintegrasi sebab merupakan bagian dari kemajuan teknologi. Ke depan tentu pemerintah harus lebih memanfaatkan teknologi di bidang komunikasi.

"Apalagi diskominfo akan lebih banyak tugas karena mulutnya pemerinta itu kominfo. Ini merupakan suatu program keterbukaan kepada masyarakat," katanya.

Bupati Belitung Sahani Saleh didampingi Wakil Bupati Isyak Meirobi saat soft launching Belitung Saluran Aspirasi dan Pengaduan (Besadu), Senin (4/2). Program ini dimotori dinas komunikasi dan informatika (diskominfo) yang tujuannya menampung aduan dari masyarakat terhadap pemerintah daerah.
Bupati Belitung Sahani Saleh didampingi Wakil Bupati Isyak Meirobi saat soft launching Belitung Saluran Aspirasi dan Pengaduan (Besadu), Senin (4/2). Program ini dimotori dinas komunikasi dan informatika (diskominfo) yang tujuannya menampung aduan dari masyarakat terhadap pemerintah daerah. (posbelitung.co)

Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Belitung Fitrorozi berharap, Besadu ini bisa lebih dikelola secara baik ke depan. Terutama dalam hal mengembangkan teknologi informasi publik.

"Apa yang terjadi di lapangan semua bisa terserap lalu kemudian diteruskan kepada bupati dan wakil bupati serta selanjutnya ditindaklanjuti OPD terkait," ujarnya. (adv/tas)

Tata Cara Melapor
- Wajib mencantumkan NIK dan isi aspirasi/aduan
- Uraikan kronologi secara lengkap dan jelas
- Sebutkan waktu dan tempat kejadian
- Gunakan bahasa yang baik dan benar
- Lampirkan bukti pendukung seperti foto/video/audio/data

Penyaluran Aspirasi
* Nomor Hp (WA/SMS): 081908197819 (pukul 08.00-16.00 WIB)
* Media sosial: Facebook/Instagram: besadu.belitung

Editor: fitriadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved