Tepis Anggapan Miring, DLH Pangkalpinang Serahkan Kartu BPJS Ketenagakerjaan ke Pasukan Kuning

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pangkalpinang menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada 423 pasukan kuning, Kamis (7/2/2019) pagi.

Tepis Anggapan Miring, DLH Pangkalpinang Serahkan Kartu BPJS Ketenagakerjaan ke Pasukan Kuning
(BANGKA POS / DEDY Q)
Simbolis- Penyerahan fisik kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada perwakilan sejumlah pasukan kuning Pangkalpinang di halaman belakang Kantor DLH Pangkalpinang, Kamis (7/2/2019). 

POSBELITUNG.CO-- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pangkalpinang menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada 423 pasukan kuning, Kamis (7/2/2019) pagi.

Penyerahan simbolis dilakukan oleh Kepala DLH Pangkalpinang Iwansyah di halaman parkir belakang kantor DLH Pangkalpinang.

Ismansyah mengatakan, selain untuk memberikan arahan awal tahun 2019 bagi pasukan kuning, penyerahan ini juga untuk menepis anggapan miring yang ditudingkan oleh sejumlah oknum tertentu terhadap DLH Pangkalpinang.

"Ini merupakan bukti bahwa kepedulian Pemkot Pangkalpinang kepada pasukan kuning. Sekaligus menepis bahwa kabar yang beredar di masyarakat yang menyebut bahwa pasukan kuning tidak dibekali dengan BPJS Ketenagakerjaan," kata Iwansyah seusai penyerahan.

Seluruh pasukan kuning Pangkalpinang telah menjadi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sejak 2016. Mereka mendapatkan jaminan kematian dan kecelakaan kerja dengan iuran per bulan sekitar Rp 13 ribu per bulan.

Karena alasan untuk mempermudah proses klaim dan agar tidak mudah hilang, DLH menyimpan fisik kartu BPJS Ketenagakerjaan mereka. Iwansyah bilang penyimpanan fisik kartu ini kemudian juga membuat sejumlah oknum menuding DLH tidak menyetor iuran BPJS Ketenagakerjaan para pasukan kuning.

"Oleh oknum mengatajan bahwa iuran BPJS tidak pernah diserotkan. Ini sekaligus bukti bahwa sebetulnya BPJS Ketenagakerjaan sudah diberlakukan untuk pasukan kuning sejak 2016, kepada seluruh pasukan kuning," ucapnya.

Dia menyebutkan, jika kemudian hari kartu BPJS Ketenagakerjaan para pasukan ini hilang, maka mereka bisa mengurus surat kehilangan. Selanjutnya DLH akan mengajukan penggantian kartu baru kepada BPJS Ketenagakerjaan.

"Akan kami ajukan penggantian kartu baru kepada BPJS Ketenagakerjaan," kata Iwansyah.

Sementara BPJS Kesehatan, Iwansyah mengatakan, pasukan kuning mengurus kepesertaannya dengan Dinas Kesehatan atau kelurahan.

"Karena kami belum menganggarkan itu. Dan tumapng tindih dengan kegiatan Kartu Indonesia Sehat (KIS)," ucapnya.

(BANGKAPOS.COM / dedyqurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: khamelia
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved