VIDEO : Bagian Samping Stadion Pangkallalang Jadi Sarang Pembuangan Sampah

Apabila melewati pengkolan atau persimpangan Jalan Stadion Pangkallalang, Kelurahan Pangkallalang, Tanjungpandan, dipastikan menghirup bau tidak sedap

POSBELITUNG.CO - Apabila melewati persimpangan Jalan Stadion Pangkal Lalang, Kelurahan Pangkal Lalang, Tanjungpandan, dipastikan menghirup bau tidak sedap. Tepatnya dibagian belakang stadion sepak bola tersebut, atau sekitar 50 meter dari kantor Kelurahan Pangkal Lalang.

Sumber bau tidak sedap tersebut, dari tumpukan sampah, yang dibuang masyarakat ke lokasi sarana olahraga ini. Padahal lokasi itu, bukan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah dan kebiasaan buruk tersebut, muncul sejak beberapa tahun belakang.

Untuk mengatasi pembuangan sampah tersebut, kini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung sudah merencanakan sebuah program penanggulangan sampah di sarana olahraga sepak bola itu. Tidak dipungkiri oleh Kepala DLH Kabupaten Belitung Ubaidillah bahwa persoalan sampah di bagian stadion Pangkal Lalang tersebut sudah berlarut - larut.

Pemerintah, Rabu (6/2/2019) sudah melakukan peninjauan terhadap lokasi pembuangan sampah tersebut. Strategi mengatasi sampah di stadion Pangkal Lalang tersebut ditahap pertama, melalui program lauching laskar bersih sampah (Lebah).

"Jadi kami sudah ke lapangan kemarin (Rabu), dan kami cek secara langsung. Ditahap pertama kami atasi melalui program lebah. Itu nanti launching nya bertepatan dengan hari sampah nasional. Kami akan coba nanti tutup dilokasi pembuangan sampah yang sekarang, dan di alihkan," kata Ubaidillah kepada posbelitung.co, kamis (7/2/2019).

Pengalihan tempat pembuangan sampah itu, hanya menyeberangi jalan aspal atau sekitar 15 hingga 20 meter dari lokasi sekarang. Lahan kosong tersebut rencana akan dibuat lokasi pembuangan sementara, dan diletakan kontainer.

"Tapi nanti dipagar dulu setinggi 3 meter. Disitu nanti akan kami tanami seperti bambu - bambu yang tinggi, terus didalam bambu itu akan diletakan kontainer dua atau tiga unit," bebernya. (posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved