Rudianto Tjen Ingin Sorgum Dikembangkan Jadi Komoditas Pertanian Babel

Apalagi kita tahu kalau hasil dari sorgum itu, para petani bisa memanfaatkan segala unsurnya tanamannya, dari akar, batang, daun, sama

Rudianto Tjen Ingin Sorgum Dikembangkan Jadi Komoditas Pertanian Babel
posbelitung
Rudianto Tjen bersama petani Bangka Belitung 

POSBELITUNG.CO--Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Bangka Belitung (Babel) Rudianto Tjen, menginginkan aspek pertanian Babel dikembangkan secara optimal.

Salah satunya Rudi ingin mengajak masyarakat Babel untuk memulai mengembangkan dan membudidayakan tanaman pangan sorgum.

“Saya kira, kita sudah harus mengembangkan hasil dari pada pertanian Bangka Belitung ini, salah satunya mungkin tanaman sorgum,” ucap Rudianto Tjen.

Politisi PDI Perjuangan itu menilai bahwa dari hasil tanaman sorgum tersebut, petani bisa memanfaatkan setiap unsur tanamannya, mulai akar batang, daun maupun bijinya.

Sehingga Rudi meyakini, bahwa sorgum mampu menjadi alternatif andalan Babel untuk ketahanan pangan kedepan selain padi, jagung, gandum, dan lain sebagainya di Babel.

“Ya, saya pikir kita sudah harus memulai mengembangkan dan membudidayakan sorgum itu. Karena, kita harapkan ini akan menjadi alternatif pangan selain padi dan sebagainya untuk masyarakat Bangka Belitung,” kata Rudianto Tjen.

“Apalagi kita tahu kalau hasil dari sorgum itu, para petani bisa memanfaatkan segala unsurnya tanamannya, dari akar, batang, daun, sama bijinya itu bisa diolah semua, jadi saya pikir ini harus kita manfaatkan betul,” ucapnya.

Kendati demikian, untuk mendukung pengembangan dan budidaya sorgum, Rudi mengharapkan bahwa pemerintah daerah bisa mengedukasi para petani terkait pengembangan hasil pangan tersebut.

Sehingga petani mengetahui seluk beluk manfaat dan produksi seputar tanaman sorgum.

Sehingga kita harapkan dengan mengembangkan tanaman pangan sorgum, mampu meningkatkan kesejahteraan petani dan juga menambah nilai tukar petani di Babel.

“Saya harap bahwa, pemerintah bisa memberikan edukasi lebih lanjut masalah pengembangan dan budidaya sorgum ini, karena ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan menambah nilai tukar petani di Bangka Belitung ini,” pungkasnya.(*)

Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved