Drone hingga Bagian Tubuh, Ini Beberapa Benda yang Berhasil dibuat Oleh Printer 3D

Sekitar 35 tahun lalu, Chuck Hull menciptakan printer 3D pertamanya di tahun 1983.

Drone hingga Bagian Tubuh, Ini Beberapa Benda yang Berhasil dibuat Oleh Printer 3D
www.lifehacker.com
PRINTER 3D 

POSBELITUNG.CO - Sekitar 35 tahun lalu, Chuck Hull menciptakan printer 3D pertamanya di tahun 1983. Sejak saat itu, perkembangan teknologi printer 3D makin hari makin pesat dengan berbagai inovasi, tidak hanya dari teknologi yang diusungnya, tetapi juga hasil cetak yang berhasil dibuatnya.

Siapa sangka dengan bermodal printer 3D, orang bisa membuat sebuah rumah bahkan gedung. Berikut ini beberapa contoh hasil cetak dari printer 3D yang cukup menarik untuk diulas.

Bagian tubuh

kredit: www.prototypster.ru
Logeek's
kredit: www.prototypster.ru

Tahukah Anda bahwa bagian tubuh seperti kuping, ginjal, pembuluh darah, kulit, sampai tulang, telah berhasil dibuat atau dicetak menggunakan printer 3D? Para peneliti, khususnya di bidang kedokteran telah menggunakan bagian tubuh buatan tersebut untuk keperluan penyembuhan pasien.

Salah satu contoh bio-printing telah berhasil dilakukan yaitu oleh tim dari Wallenberg Wood Science Center di Swedia. Mereka berhasil mengembangkan dan menguji coba tulang rawan buatan hasil cetakan printer 3D. Tulang rawan ini dibuat untuk mengganti bagian tubuh yang rusak akibat kecelakaan atau kanker.

Tulang rawan ini dibuat guna membantu para ahli bedah yang kesulitan membuat bagian tertentu pada tulang rawan.

Mobil

kredit: www.bbc.com
 
kredit: www.bbc.com

Local Motors, perusahaan otomotif yang berbasis di Arizona merupakan perusahaan yang pertama kali berhasil membuat mobil yang fisiknya dicetak menggunakan printer 3D dan merakitnya secara utuh. Hebatnya lagi, mobil yang diberi nama Strati ini mampu berfungsi layanya mobil buatan pabrik lainnya.

Menggunakan sumber daya listrik dari baterai, Strati mampu menempuh jarak hingga 193 km hanya dengan sekali pengisian baterai saja.

Bahkan Strati berhasil dipacu hingga kecepatan 64,4 km per jam. Strati hanya memiliki 49 bagian, termasuk bodi, motor, roda, kursi penumpang dan pengemudi, sampai kaca depan.

Halaman
123
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Info Komputer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved