Advertorial

Tiga Sektor Topang Pariwisata, Program Prioritas Desa Kembiri Cari Investor Garap HKm dan Hutan Desa

Pemdes Kembiri, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung tengah fokus merencanakan pengembangan sektor perikanan, pertanian dan perkebunan

Tiga Sektor Topang Pariwisata, Program Prioritas Desa Kembiri Cari Investor Garap HKm dan Hutan Desa
Pos Belitung
Kabupaten Belitung tengah fokus merencanakan pengembangan sektor perikanan, pertanian, dan perkebunan yang terintegrasi ke sektor pariwisata. 

POSBELITUNG.CO --  Pemerintah Desa (Pemdes) Kembiri, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung tengah fokus merencanakan pengembangan sektor perikanan, pertanian, dan perkebunan yang terintegrasi ke sektor pariwisata.

Program-program tersebut demi peningkatan perekonomian masyarakat.

Penjabat (Pj) Kades Kembiri Zuhari mengatakan sektor-sektor itu merupakan potensi yang bisa dikembangkan menggunakan pola hutan kemasyarakatan (HKm) dan hutan desa.

“Jadi tetap masyarakat yang memiliki lahan sementara investor sebagai pengelola usahanya. Nanti investor dapat hasil usaha dan masyarakat juga dapat sharing keuntungannya,” ujar Zuhari, Selasa (12/2).

Ia menjelaskan, khusus sektor perikanan, pemdes dan dinas perikanan sedang merencanakan usaha tambak udang varane di Muara Sungai Kembiri. Lahan yang dipersiapkan seluas sekitar 700-800 hektarare. Oleh sebab itu, selain pemda pihaknya juga mencari investor yang ingin berinvestasi di lokasi tersebut.

“Jadi kami juga sedang mencari investor yang sanggup mengelola tambak udang varane ini. Tapi tetap nanti konsepnya kerjasama dengan masyarakat setempat,” katanya.

Ia menambahkan perairan laut Desa Kembiri memang kaya akan udang sepanjang tahun. Bahkan dalam satu hari, masyarakat bisa menghasilkan udang tangkap sekitar 50 kg. Akan tetapi, hasil tangkapan itu tidak dijual ke luar.

“Jadi kalau pengepul membawa udang itu ke Tanjungpandan agak susah juga karena konsumsinya terbatas. Kecuali ada pasar luar yang siap menampung,” katanya.

Pemerintah Desa (Pemdes) Kembiri, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung tengah fokus merencanakan pengembangan sektor perikanan, pertanian, dan perkebunan
Pemerintah Desa (Pemdes) Kembiri, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung tengah fokus merencanakan pengembangan sektor perikanan, pertanian, dan perkebunan (Pos Belitung)

Sepanjang akses jalan menuju lokasi tambak udang, pihaknya juga akan mengembangkan tambak ikan air tawar. Sebab sepanjang akses jalannya terdapat beberapa titik danau yang potensial buat dikembangkan.

“Jadi nanti ikannya khusus ikan lokal yang ada di sini seperti gabus, linggang dan lainnya. Begitu juga dengan lahan padang di sekitarnya akan kami tanami dengan tanaman yang cocok,” katanya.

Selain itu, Pemdes Kembiri juga akan merencanakan pengembangan sektor perkebunan di lokasi Kelekak Durin, Dusun Aik Gede, Desa Kembiri.

Menurutnya lokasi yang terkenal sebagai salah satu penghasil durian di wilayah Belitung itu akan dibangun sarana dan prasarana pendukung mulai dari akses jalan, toilet dan lainnya.

“Cuman nanti akan dibicarakan dengan pemilik kebun itu. Karena konsepnya akan kami arahkan ke HKm sebagai legalitasnya,” katanya.

Zuhari mengatakan durian merupakan tanaman dengan waktu panen setahun sekali. Oleh sebab itu, mereka akan menyisipkan tanaman lainnya sembari menunggu masa panen durian tiba.

“Rencana kami akan tanami dengan pohon duku atau kopi. Jadi lokasi itu tetap ramai walaupun belum masuk musim durian,” katanya. 

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved