Video : BPPRD Belitung Lakukan Sosialisasi Untuk Tingkatkan Pendapatan Sumber Pajak Parkir

Terdapat ratusan peserta unsur objek pajak dari pemilik usaha di Kabupaten Belitung mengikuti sosialisasi yang terlaksana diruang Sidang Pemerintah Ka

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Belitung, Rabu (20/2/2019) melakukan sosialiasi pajak daerah untuk objek parkir.

Kegiatan yang berlangsung di ruang sidang Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten Belitung itu, sebagai bentuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak parkir.

Terdapat ratusan peserta unsur objek pajak dari pemilik usaha di Kabupaten Belitung mengikuti sosialisasi yang terlaksana diruang Sidang Pemerintah Kabupaten Belitung.

Sosialisasi itu dilangsungkan, sebagai bentuk memberikan pemahaman kepada pemilik usaha. Sehingga apabila nantinya ditentukan sebagai lokasi objek parkir, sudah mengetahui terlebih dahulu dan memahami.

"Selama ini kami ada kekosongan dan jadi teguran oleh BPK, karena kondisi ini tidak tergarap. Tahun ini kami memulai untuk mengelola pajak parkir ini, karena pajak ini urusan wajib," kata Plt Kepala BPPRD Kabupaten Belitung Iskandar Febro kepada Posbelitung.co, Rabu (20/2/2019).

Sumber pendapatan dari pajak parkir ini, sudah tertuang dalam undang-undang nomor 28 tahun 2009. Sehingga tolerasi terhadap pengelolaan pajak parkir itu sudah cukup. Sebab didalam peraturan atau amanat tersebut, pasal 26 ayat 1, pelaku usaha yang mempunyai tempat parkir wajib dikenakan pajak.

"Walaupun mereka tidak ada pungutan. Yang menjadi objek parkir itu, bisa ditetapkan sebagai objek pajak, dan itu merupakan amanat undang-undang. Kalau di Belitung ini yang parkir permanen, Bandara, Rumah Sakit, Barata, dan lainnya. Tempat itu sudah menjadi objek tetap PAD," ucapnya.

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved