Begini Cara Utak-atik Gaji Pas-pasan Agar Cukup Sebulan

Gaji adalah sesuatu yang sensitif untuk dibicarakan. Namun, bukan berarti tak perlu mendapat perhatian ekstra.

Begini Cara Utak-atik Gaji Pas-pasan Agar Cukup Sebulan
THINKSTOCK
Ilustrasi gaji 

POSBELITUNG.CO - Gaji adalah sesuatu yang sensitif untuk dibicarakan. Namun, bukan berarti tak perlu mendapat perhatian ekstra.

Mengatur segala kebutuhan dan membuat pembukuan bulanan juga harus dilakukan demi membuat gaji cukup untuk menutup segala kebutuhan setiap bulannya.

 • Cempedak, Buah yang Lagi Musim di Bangka Ini, Memiliki 11 Manfaat Luar Biasa, Ini Buktinya

Belum lagi tagihan atau cicilan lainnya serta biaya pendidikan. Bahkan, menabung harus dilakukan setiap bulan.

Jika Anda masih bingung dengan bagaimana cara mengatur keuangan setiap bulannya, berikut ini tips hemat atur gaji untuk kebutuhan hidup sebulan seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Bagi-Bagi Gaji Anda untuk Kebutuhan Prioritas

Beberapa hal yang harus Anda lakukan demi mengatur uang gaji selama sebulan adalah membagi dua gaji Anda. Membagi dua gaji ini sangat bermanfaat demi mengatur jalannya uang setiap bulannya.

Sembako.
Sembako. (PKSmart)

Jika sudah memiliki pasangan hidup, mintalah pasangan Anda untuk bekerja sama dalam mengelola gaji tersebut. Pastikan kalau gaji dapat digunakan semaksimal mungkin dengan jumlah yang minim agar nantinya uang sisa gaji dapat ditabungkan.

Sering Bekerja Shift Malam, Inilah Pola Makan yang Sehat untuk Kamu

2. Siapkan List Belanjaan
Langkah kedua adalah menyiapkan list belanja atau daftar belanjaan agar nantinya Anda bisa tahu apa saja barang yang dibutuhkan selama satu bulan atau 30 hari ke depan.

Pastikan jika Anda membuat daftar belanjaan yang rapi dan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. List belanjaan ini bisa Anda gunakan setiap bulan dan utamakan yang menjadi kebutuhan bulanan Anda.

3. Bedakan antara Kebutuhan dan Keinginan
Langkah yang ketiga adalah membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan agar nantinya Anda tidak konsumtif dan tekor belakangan. Jangan menganggap hal ini remeh.

Pengunjung Mall Memilih Pakaian.
Pengunjung Mall Memilih Pakaian. (Bedjo)
Halaman
123
Editor: herru windarko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved