Nelayan Sungailiat Menduga Benda Ini Mirip Muntahan Ikan Paus, Harganya Capai Rp22 Juta

Dian berharap benda yang ditemukannya ini memang benar muntahan ikan paus yang berharga mahal.

Nelayan Sungailiat Menduga Benda Ini Mirip Muntahan Ikan Paus, Harganya Capai Rp22 Juta
Bangka Pos/Edwardi
Dian menunjukkan benda temuannya yang diduga muntahan ikan paus 

POSBELITUNG.CO  -- Sampai saat ini Dian, nelayan Teluk Uber Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menemukan diduga muntahan ikan paus masih menyimpan rapi benda misterius ini di rumahnya.

"Memang sudah ada calon pembeli yang datang kesini dan mengambil sampel diduga muntahan ikan paus ini. Katanya mau dibawa ke Jakarta untuk dicek ke laboratorium, kemungkinan satu minggu lah baru ada kepastian apakah ini benar atau bukan muntahan paus," kata Dian yang ditemui di rumahnya Kampung Teluk Uber Sungailiat, Sabtu sore. (23/02/2019)

Diungkapkan Dian pada hari Rabu (20/02/2019) pergi melaut dari Pantai Teluk Uber Sungailiat untuk memancing ikan tenggiri.

"Sekitar 20 mil dari arah timur laut Pantai Teluk Uber di sekitar Karang Lakure saat memancing ikan tenggiri melihat ada benda mengapung warna putih mendekati perahu. Saya sempat takut memegang benda itu lalu mengambil karung kemudian memasukkan benda itu ke dalam karung," katanya.

Ditambahkannya saat pertama kali diangkat ke perahu benda itu lembut, cair berminyak berbau anyir. Setelah beberapa hari disimpan di rumah benda itu sudah mengering seperti bongkahan keju berwarna putih dan tidak berbau anyir lagi.

"Saya sudah mengecek di YouTube benda yang saya temukan ini memang mirip muntahan ikan paus. Tapi saya belum tahu juga pastinya karena baru pertama kali inilah menemukan benda seperti itu," ujarnya.

Dian berharap benda yang ditemukannya ini memang benar muntahan ikan paus yang berharga mahal.

"Kalau saya lihat berita di internet harga muntahan ikan paus ini sekitar Rp 22 juta per kilogram. Tapi yang saya temukan ini sekitar 1 kilogram lebih dan sudah diambil teman sehingga masih tersisa sekitar 9 ons," ungkapnya.

Sementara itu Mohamat Rozi, Wakil Ketua Koperasi Mina Karya UPP Perikanan Budidaya Kabupaten Bangka mengaku mendapatkan telepon dari anggota koperasi bahwa kakak iparnya menemukan benda diduga muntahan ikan paus.

"Anggota koperasi ini minta dicarikan orang yang mau membeli diduga muntahan ikan paus ini, dan hari ini saya baru bisa datang mengecek dan melihatnya langsung ke rumahnya," kata Rozi.

Diakuinya, baru kali ini melihat langsung bentuk benda diduga muntahan paus seperti keju warna putih

"Kalau saya cicipi tadi rasanya ada asin sedikit setelah terasa tawar seperti makan lilin lembut berminyak," ujarnya. (Bangka Pos/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved