Segini Kapasitas Otak Manusia, Ternyata Sama 1 Juta Gigabyte Ini Kata Para Ahli

Mau tau seberapa besar kapasitas otak manusia? Siapkan harddisk 1 terabyte sebanyak 1.000 buah kalau kamu ingin memindahkan isi pikiran seseorang

Segini Kapasitas Otak Manusia, Ternyata Sama 1 Juta Gigabyte Ini Kata Para Ahli
hai
Otak manusia dan hard disk 

POSBELITUNG.CO - Mau tau seberapa besar kapasitas otak manusia? Siapkan harddisk 1 terabyte sebanyak 1.000 buah kalau kamu ingin memindahkan isi pikiran seseorang ke komputer.

Ini karena kapasitas otak manusia ternyata mencapai 1 petabyte, atau sama dengan 1 juta gigabyte (1.000 terabyte).

Hal tersebut diungkapkan oleh sebuah riset oleh Salk Institute for Biological Research Studies, sebagaimana dirangkum oleh Nextren dari Popular Science.

“Pengukuran kami menunjukkan bahwa kapasitas otak manusia 10 kali lebih tinggi dari perkiran sebelumnya, hingga paling nggak satu petabyte,” ujar Terry Sejnowski dari Salk Institute.

Otak manusia

 Otak manusia

Para peneliti menemukan bahwa tiap sinapsis (struktur antara satu sel syaraf, neuron, dengan yang lainnya) secara rata-rata bisa menyimpan informasi sebesar 4,7 bit.

Menggunakan otak tikus sebagai acuan, tim peneliti menemukan bahwa sebuah axon (ujung pengirim sinyal listrik) pada sebuah neuron kadang membentuk dua sinapsis yang tersambung pada sebuah dendrit (ujung penerima sinyal listrik) neuron lain.

Ukuran sinapsis-sinapsis ini ternyata bervariasi dan menentukan besarnya memori yang bisa disimpan.

Di hippocampus (bagian otak yang berperan menyimpan ingatan jangka panjang) saja terdapat 26 ukuran sinapsis yang perbedaan ukurannya sekitar 8 persen.

artikel ini telah tayang di https://hai.grid.id/read/071646883/seberapa-besar-kapasitas-otak-manusia-siapkan-aja-ribuan-harddisk

Editor: zulkodri
Sumber: Hai-online.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved