Berita Belitung

Tim Pengawasan Peredaran Minol Kabupaten Belitung Temukan Penjualan Minol Tak Sesuai Izin

Ia menambahkan secara aturan minol tidak boleh dijual secara eceran di tiga kategori lokasi.

Tim Pengawasan Peredaran Minol Kabupaten Belitung Temukan Penjualan Minol Tak Sesuai Izin
Pos Belitung/Dede Suhendar
Tim Pengawas Peredaran Minol Kabupaten Belitung mendapati tempat hiburan karaoke menjual minol dalam kegiatan monev, Rabu (28/2/2019). 

POSBELITUNG.CO  - Tim Pengawasan Peredaran Minuman Berakohol (minol) melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap peredaran minol di beberapa usaha perdagangan, Rabu (27/2/2019) malam.

Alhasil, tim yang terdiri dari Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja serta Satpol PP Kabupaten Belitung mendapati penjualan minol tidak sesuai perizinan.

Sebagai tindaklanjut tim meminta pelaku usaha menandatangani komitmen untuk tidak mengulangi tindakan tersebut dan tertib terhadap peraturan dan perundang-undangan.

"Pada intinya kami melihat perizinan yang mereka miliki dan penempatan minol itu apakah sesuai dengan izin yang mereka punya," ujar Ketua Tim Pengawasan Peredaran Minol Kabupaten Belitung. Wigman WS kepada posbelitung.co, Kamis (28/2/2019).

Ia menjelaskan berdasarkan tupoksi, tim yang turun ke lapangan bukan melakukan penertiban tapi imbuan kepada pelaku usaha perdagangan.

Dirinya berharap para pelaku usaha perdagangan dapat mematuhi aturan yang berlaku terk‎ait peredaran minuman berakohol.

"Kalau mereka masih terus mengulangi kami juga akan tetap mengingatkan, kalau tindaklanjutnya nanti ada instansi penegak perda yang mengeksekusinya," katanya.

Wigman menambahkan monev yang dilakukan juga bertujuan untuk mencegah terjadinya tindak kriminal di tempat hiburan yang menjual minol.

Ia menambahkan secara aturan minol tidak boleh dijual secara eceran di tiga kategori lokasi.

Pertama, kaki ‎lima, kios atau toko kecil, terminal, pelabuhan, penginapan dan tempat wisata atau rekreasi.

Kedua, tempat yang berdekatan dengan tempat ibadah, sekolah, rumah sakit dan pemukiman penduduk dengan jarak radius minimal 500 meter.

Ketiga, tempat kegiatan penyelenggaraan keramaian umum, lomba olahraga, pagelaran seni, bazar, pasar rakyat atau pasar malam, hiburan dalam rangka pernikahan atau hajatan atau resepsi umum dan pesta adat.

"Jadi minol yang dijual untuk diminum di tempat hanya boleh dijual di hotel, restoran dan bar atau klab malam. Selain di tempat tersebut minol dilarang dijual untuk diminum di tempat," katanya.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved