Info Kesehatan

Susu Peninggi Badan Efektif Merangsang Pertumbuhan Tulang, Benarkah?

Ada banyak merek susu penambah tinggi badan dijual di pasaran. Seperti namanya, susu jenis tersebut diklaim dapat merangsang pertumbuhan tulang anak d

Susu Peninggi Badan Efektif Merangsang Pertumbuhan Tulang, Benarkah?
KOMPAS
Ilustrasi anak minum susu 

POSBELITUNG.CO - Ada banyak merek susu penambah tinggi badan dijual di pasaran. 

Seperti namanya, susu jenis tersebut diklaim dapat merangsang pertumbuhan tulang anak dan remaja yang masih dalam masa pertumbuhan. Namun apa benar klaim tersebut?

Dilansir Healthline, setiap 100 gram susu mengandung 61 kalori, 3,2 protein, 3,3 gram lemak, dan 125 miligram kalsium. Terlihat jelas bahwa ada dua kandungan utama pada susu, yaitu protein dan kalsium yang jumlahnya tinggi.

Protein dalam susu terdiri dari 2 jenis, yaitu 80 persen kasein dan 20 persen whey protein. Kasein berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh, sedangkan whey protein untuk membangun otot. Kandungan kalsium pada susu diperlukan untuk menjaga tulang dan gigi tetap kuat.

Dampak Buruk Akibat Kebanyakan Tidur Bisa Memicu Sakit Kepala, Sakit Punggung hingga Cepat Lupa

Menariknya lagi, susu juga mengandung komponen bioaktif yang disebut dengan insulin-like growth factor-1 (IGF-1).

Selain pada susu, IGF-1 ini juga ditemukan pada ASI yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan tulang. Maka secara tidak langsung, kandungan IGF-1 ini juga dapat menambah tinggi badan seseorang.

Lalu, bagaimana dengan susu peninggi badan? Apa benar bisa bikin anak tumbuh tinggi dengan cepat?

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minum susu terbukti dapat meningkatkan tinggi badan.

Salah satunya pada penelitian yang dimuat dalam jurnal Annals of Human Biology tahun 2009, bahwa anak usia prasekolah, yaitu usia 24-59 bulan, mengalami kenaikan tinggi badan sekitar 1,1 sampai 1,2 sentimeter dibanding anak yang tidak minum susu.

Namun sayangnya, sampai saat ini belum ada penelitian yang mengungkapkan bahwa susu peninggi badan efektif merangsang pertumbuhan tulang anak dengan cepat.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved