Desa Simpang Pesak Deklarasi ODF, Masyarakat Sadar Perilaku Hidup Sehat Wabup Beltim Beri Apresiasi

Desa Simpang Pesak merupakan desa ke-12 dari 39 desa se-Kabupaten Beltim yang melaksanakan deklarasi ODF.

Desa Simpang Pesak Deklarasi ODF, Masyarakat Sadar Perilaku Hidup Sehat Wabup Beltim Beri Apresiasi
Pos Belitung
Desa Simpang Pesak Deklarasi ODF 

POSBELITUNG.CO -- Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Belitung Timur dan jajarannya bersama Puskesmas Simpang Renggiang dan jajarannya, memfasilitasi Desa Simpang Pesak deklarasi setop buang air besar sembarangan (BABS) atau open defecation free (ODF), di halaman Galeri Desa Simpang Pesak, Kecamatan Simpang Pesak, Selasa (5/3).

Deklarasi Wakil Bupati Beltim Burhanudin, Kasi Kesling dan Kesjaor Dinkes Provinsi Babel Asmiyanti, Kabid Binkesmas DKPPKB Beltim Dianita Fitriani, Kapolsek Dendang AKP Irsan Shihotang, Kepala Puskesmas Dendang dr Rully Darma, Camat Simpang Pesak Shofian, Kades Simpak Pesak Suryanto, serta tamu undangan lainnya.

Deklarasi ODF dipimpin Kepala Desa Simpang Pesak Suryanto, diikuti perwakilan masyarakat Desa Simpang Pesak. Setelah deklarasi, dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi ODF serta penyerahan piagam dan tropi penghargaan kepada Kades Simpang Pesak.

Wakil Bupati Beltim Burhanudin menyampaikan Pemkab Beltim mengapresiasi Kades Simpang Pesak beserta jajarannya. Desa Simpang Pesak merupakan desa ke-12 di Kabupaten Beltim yang telah berstatus ODF

Desa Simpang Pesak Deklarasi ODF, Masyarakat Sadar Perilaku Hidup Sehat Wabup Beltim Beri Apresiasi
Desa Simpang Pesak Deklarasi ODF, Masyarakat Sadar Perilaku Hidup Sehat Wabup Beltim Beri Apresiasi (Pos Belitung)

“Kami juga berharap masyarakat menjaga kesehatan dan pola hidup positif. Saya berharap di tahun 2019, seluruh desa sudah dapat melakukan deklarasi ODF,” kata Aan, sapaan akrab Burhanudin.

Sementara itu, Kabid Binkesmas DKPPKB Beltim Dianita Fitriani mengatakan, adanya deklarasi ODF diharapkan bisa meminimalkan penyakit berbasis lingkungkan seperti diare dan ISPA.

“Dengan sudah dideklarasikan artinya, ada satu poin penting bahwa masyarakat sudah lebih sadar untuk berperilaku hidup sehat. Harapan kita ke depan Desa Simpang Pesak ini bisa jadi desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM),” kata Dian.

Desa Simpang Pesak merupakan desa ke-12 dari 39 desa se-Kabupaten Beltim yang melaksanakan deklarasi ODF. DKPPKB Beltim menargetkan pada tahun 2019 ini, Kecamatan Simpang Pesak bisa melaksanakan Deklarasi ODF tingkat Kecamatan.

Deklarasi Desa ODF atau Setop BABS dan pencanangan gerakan masyarakat hidup sehat, bertujuan untuk mengumumkan kepada masyarakat luas bahwa desanya sudah setop BABS. Selain itu, masyarakat rutin juga melakukan cek kesehatan, melakukan aktivitas fisik, serta makan sayur dan buah, yang merupakan tiga pilar dari gerakan masyarakat hidup sehat. 

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved