VIDEO: Jelang Nyepi Warga Dusun Balitung Mengarak Ogoh-ogoh

Ada 6 ogoh-ogoh yang diarak dari lapangan samping Pura Pureh Desa Giri Jati yang diarak mengelilingi dusun dimulai ke utara, lalu memutar ke selatan d

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Semenjak sore pada Rabu (6/3/2019) di Dusun Balitung, Desa Pelepak Pute Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengarak ogoh-ogoh sebagai bagian prosesi menjelang Nyepi.

Ada 6 ogoh-ogoh yang diarak dari lapangan samping Pura Pureh Desa Giri Jati yang diarak mengelilingi dusun dimulai ke utara, lalu memutar ke selatan dusun hingga kembali lagi ke lapangan di samping Pura.

Keenam ogoh-ogoh yang telah diarak kemudian dikumpulkan di lapangan samping Pura. Semua orang berkumpul disekitarmya untuk menyaksikan proses pembakaran kelima ogoh-ogoh tersebut.

Ini Empat Larangan di Hari Raya Nyepi

Memeluk Agama Hindu, 6 Selebritis Indonesia Rayakan Nyepi, Siapa aja ya?

Melasti Penyucian Diri Sebelum Nyepi

Sebelum dibakar, seorang rohaniawan yang berpakaian serba putih dilengkapi tutup kepala berwarna senada mulai membakar dupa dihadapannya.

Selepasnya memanjatkan doa, barulah ogoh-ogoh yang ada di hadapannya dihancurkan lalu kemudian dibakar. Itulah akhir dari prosesi dan persiapan menjelang Nyepi Tahun Baru Saka 1941. (Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: fitriadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved