Berita Belitung

Pemprov Kucurkan Rp 74 Miliar untuk Pelebaran Jalan Membalong

Pembangunan tahap pertama sepanjang 13 kilometer (km) itu, dimulau dari Dusun Aik Batu Desa Lassar

Pemprov Kucurkan Rp 74 Miliar untuk Pelebaran Jalan Membalong
Pos Belitung/Disa Aryandi
Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem). 

POSBELITUNG.CO - APBD Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung sebesar Rp 74 miliar, rencana akan diperuntukan untuk melakukan pembangunan pelebaran Jalan Raya Membalong, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung.

Pelebaran jalan aspal tersebut, akan dimulai tahun 2019 ini.

Pembangunan tahap pertama sepanjang 13 kilometer (km) itu, dimulau dari Dusun Aik Batu Desa Lassar, hingga Dusun Kepang Desa Perpat. APBD Provinsi sebesar Rp 74 miliar ini, hanya bersifat penggunaan sementara dan biaya penggunaannya menggunakan APBN.

"Ini sebetulnya pakai APBN semua, tapi dianggarkan dulu menggunakan APBD, nanti selama masa pengerjaan ada verifikasi. Di situ nanti terhitung berapa nilai APBN yang dikucurkan untuk pembuatan jalan," kata Kepala UPT PUPR wilayah Belitung Achitono (Tono) kepada Pos Belitung, Jumat (8/3).

Terdapat dua tim konsultan yang nanti akan melakukan verifikasi terhadap pengerjaan jalan raya membalong tersebut, yaitu tim dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi. Tim tersebut untuk menghitung nilai pengerjaan jalan raya itu.

"Jadi seberapa besar yang mereka hitung nilai finalnya, segitulah yang diganti. Bisa kemungkinan full nanti diganti Rp 74 miliar, bisa hanya setengah nya dan bisa juga di atas setengah dari nilai proyek itu," ucapnya.

Secara keseluruhan ada tiga tahap untuk pelebaran Jalan raya tersebut, yaitu tahap pertama di anggarkan Rp 74 miliar, tahap kedua tahun 2020 sekitar Rp 100 miliar dan tahap ketiga tahun 2021 sebesar Rp 80 miliar.

Panjang jalan membalong yang akan di lebarkan sejauh 47 Km, dari Simpang Membalong Jalan Jendral Sudirman, Desa Air Raya hingga Simpang tiga di Desa Membalong, Kecamatan Membalong.

"Jadi nanti dari lebar sekarang hanya 4,5 meter, menjadi 7 meter. Itu kemarin MoU di Kementerian dan memang keluar angka segitu," ujarnya.

Selain APBD Pemerintah Provinsi Babel, Pemerintah Kabupaten Belitung ikut menggunakan sistem pembangunan pelebaran jalan serupa. APBD Kabupaten Belitung menggelontorkan anggaran sebesar Rp 34 miliar untuk jalan dari simpang tiga Desa Membalong hingga ke Teluk Gembira.

"Itu sama juga menggunakan APBN, tapi di anggarkan di APBD dulu. Setelah di verifikasi oleh tim, dihitung dan dapat nilai nya berapa, baru dibayarkan dari APBN ke APBD. Status nya tetap Jalan Kabupaten, dengan lebar nanti 6 meter," bebernya.

Sementara, Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) tidak ingin menjelaskan lebih jauh, terkait anggaran talangan pembangunan Jalan raya Membalong menggunakan APBD Belitung Rp 34 miliar.

Orang nomor satu di Kabupaten Belitung mengaku, anggaran untuk pembuatan jalan nantinya akan diganti oleh APBN.

"Itu memang usaha kami, upaya kami. Itu memang pakai APBD kita (Belitung) sudah jelas, dan saya yang mengurusnya. kalau tidak mengetahui, ya sudah, kami yang mengetahui urusan nya itu," pungkasnya. 

(Posbelitung/Disa)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved