Desa Air Batu Buding Tonjolkan Dua Potensi di Ajang Lomba Desa Kabupaten Belitung

Tadi pagi tim penilai datang ke kantor, jadi penilaian dilakukan dari pukul 09.00 sampai 12.00 WIB. Tahun ini kami

Desa Air Batu Buding Tonjolkan Dua Potensi di Ajang Lomba Desa Kabupaten Belitung
IST/dok Pemdes Air Batu Buding
Tim lomba desa tingkat Kabupaten Belitung melakukan penilaian di Desa Air Batu Buding, Senin (11/3/2019). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Desa Air Batu Buding ditunjuk menjadi perwakilan Kecamatan Badau dalam ajang lomba desa yang digelar Pemkab Belitung.

Dalam event tahunan kali ini, Desa Air Batu Buding menonjolkan potensi pengelolaan BUMDes Sejahtera Abadi dan kegiatan pemberdayaan di bidang pengelolaan lahan pertanian.

‎"Tadi pagi tim penilai datang ke kantor, jadi penilaian dilakukan dari pukul 09.00 sampai 12.00 WIB. Tahun ini kami tonjolkan dua potensi yaitu BUMDes dan kegiatan pemberdayaan masyarakat," ujar Sekretaris Desa Air Batu Buding Arpandi saat dihubungi posbelitung.co, Senin (11/3/2019).

Ia menjelaskan, BUMDes Sejahtera Abadi didirikan semenjak 2014 silam dan merupakan BUMDes perdana yang dibentuk oleh pemerintah desa di Kabupaten Belitung.

Bahkan semenjak berdiri, BUMDes tersebut sudah memiliki lima unit usaha seperti jasa transportasi, perdagangan, sewa alat resepsi, kios dan pinjaman dana bergulir.

Sementara itu, kata Repek, khusus kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang pengelolaan pertanian, Pemdes Air Batu Buding memanfaatkan lahan tidur menjadi bernilai ekonomi bagi masyarakat.

Kegiatan yang dilakukan membuka lahan pertanian jangka pendek, embung, keramba ikan serta pembuatan pupuk kompos.

"Khusus kegiatan pemberdayaan ini dimulai 2018 kemarin untuk lokasinya tidak jauh dari kantor desa," katanya.

‎Arpandi berharap pada gelaran lomba desa tingkat Kabupaten Belitung 2019, Desa Air Batu Buding bisa terpilih menjadi juara.

Setidaknya dengan event tersebut bisa meningkatkan kekompakan seluruh aparatur dalam menjalankan‎ roda pemerintahan desa.

"Kalau harapan pastinya ingin jadi juara, tapi dengan adanya lomba desa setidaknya bisa menambah kekompakan aparatur desa dalam menjalankan tugas," katanya.(*)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved