Berita Pangkalpinang

Jabatan Kadin ESDM Babel Belum Ada Pelamar, Dua ASN Pemprov Sudah Tanya-tanya

Saat ini tahapan lelang masih dalam proses penyerahan berkas atau pendaftaran. Tahapan ini akan berlangsung hingga 26 Maret mendatang.

Jabatan Kadin ESDM Babel Belum Ada Pelamar, Dua ASN Pemprov Sudah Tanya-tanya
BANGKA POS / DEDY Q
Kantor Dinas ESDM Babel, Senin (11/3/2019). 

POSBELITUNG.CO  --  Sejak dibuka beberapa waktu lalu, seleski terbuka jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama (populer disebut lelang jabatan) untuk Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) Kepulauan Bangka Belitung belum ada pelamar.

Namun, dua ASN dilaporkan sudah datang ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Babel.

Analis Kepegawaian BKPSDM Babel Belly Utomo Putra mengatakan, saat ini tahapan lelang masih dalam proses penyerahan berkas atau pendaftaran. Tahapan ini akan berlangsung hingga 26 Maret mendatang.

"Belum ada yang daftar. Biasanya seminggu terakhir baru. Kalau yang ke sini bertanya, sudah dua orang. Mereka bertanya mengenai berkas apa saja dan sampai kapan. Itu (yang datang) dari Bappeda dan Dispora provinsi. Dari luar belum ada," kata Belly ditemui Bangka Pos di kantor BKPSDM Babel, Senin (11/3/2019).

Saat ini, kata Belly, jabatan Kepala ESDM Babel diisi oleh seorang pelaksana tugas (Plt). Jabatan tersebut diisi oleh Sekretaris Dinas ESDM Babel Rusbani.

Surat penunjukkan Plt telah berproses di Sekda Babel Yan Megawandi.

"Suratnya sudah kami ajukan ke Sekda. Berarti dalam minggu ini (akan ditunjuk sebagai Plt), karena ini juga terkait penggajian mereka (pegawai di ESDM Babel)," ucap Belly

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melelang jabatan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Babel. Lelang jabatan terbuka ini dilakukan lantaran Kepala ESDM Babel sebelumnya, Suranto Wibowo, dilantik menjadi staf ahli bidang ekonomi dan pembangunan, Senin (4/3/2019).

Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah menyebutkan jabatan Kepala ESDM Babel perlu dilelang agar terjadi penyegaran dan memberikan kesempatan bagi ASN lainnya baik dari kabupaten, provinsi, mupun pusat untuk mengisi jabatan ini sesuai dengan kemmapuan dan kualifikasi.

"Jabatan kepala ESDM akan kita open biding, lelang terbuka," katanya, Senin (4/3/2019) lalu.

Ia menyebutkan, Suranto dimutasi karena dinilai sudah terlalu lama menjalankan tugas sebagai kepala ESDM, sehingga perlu dirotasi. Menurut dia, idealnya satu jabatan hanya diduduki dua sampai tiga tahun.

"Pergantian tour of area dan tour of duty Pak Suranto ini hal yang wajar, pak Suranto sudah cukup lama untuk kita segarkan ke tempat yang lain, tempat yang kosong harus segera diisi, untuk perlu diisi dengan orang baru, semangat baru sebagai penggerak kawan-kawan yang ada di ESDM," katanya. (BANGKAPOS.COM / dedyqurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved