Korsleting Listrik Dapat Memicu Kebakaran Rumah, Ini Penyebabnya

Panel-panel listrik yang berseliweran, tidak tertata, ditambah perilaku masyarakat yang kerap menambahkan sambungan listrik

Korsleting Listrik Dapat Memicu Kebakaran Rumah, Ini Penyebabnya
Fraunhofer
Kabel listrik yang menempel ke stop dalam posisi longgar, bisa memicu terjadi hubungan arus pendek yang menimbulkan percikan api. 

POS BELITUNG.CO -  Korsleting listrik menjadi penyebab utama kebakaran di DKI Jakarta beberapa tahun terakhir ini.

Panel-panel listrik yang berseliweran, tidak tertata, ditambah perilaku masyarakat yang kerap menambahkan sambungan listrik menjadi sumber utama percikan api.

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar PB) DKI Jakarta yang dikutip dari Kompas.com mengatakan, rata-rata 70 persen kebakaran di Jakarta disebabkan korsleting listrik.

Petugas damkar sering menemukan pemasangan sambungan yang tidak resmi di lokasi kebakaran.

Terakhir, kebakaran melanda sebuah rumah tinggal di permukiman mewah di Gading Kirana, RW 08 Kelurahan Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara pada Senin (11/2/2019) siang.

Kepala Sektor Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kecamatan Kelapa Gading Idrisman mengatakan, titik kebakaran bermula dari garasi di rumah tersebut.

"Dugaan sementara penyebabnya adalah korsleting listrik, sumber api ada di bawah ini, informasi sementara ruangan garasi," kata Idrisman yang dikutip dari Kompas.com.

Korsleting adalah terputusnya arus listrik karena kawat yang bermuatan arus positif dan negatif bersentuhan, sehingga terjadi hubungan arus pendek.

Hubungan arus pendek itulah yang dapat menimbulkan percikan api yang cukup besar, khususnya pada kabel listrik yang memiliki arus cukup besar.

Namun tidak semua hubungan arus pendek dapat menyebabkan kebakaran, karena biasanya MCB (Mini Circuit Breaker) akan segera turun untuk memutus aliran listrik.

Kecuali percikan terjadi di dekat benda-benda yang mudah terbakar, seperti bensin dan bahan kimia lainnya.

Halaman
12
Editor: khamelia
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved