Berita Belitung

Bupati Belitung :Reklamasi Eks Tambang Harus Lihat Potensi Wilayah

Pengelolaan lahan tersebut, merupakan salah satu kewajiban bagi perusahaan tambang.

Bupati Belitung :Reklamasi Eks Tambang Harus Lihat Potensi Wilayah
Pos Belitung/Disa Aryandi
Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem). 

POSBELITUNG.CO  - Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), sudah mengarahkan berbagai perusahaan buat melakukan berbagai upaya reklamasi terhadap lahan eks tambang. Sehingga lahan yang semula pernah ditambang oleh timah dan kaolin, bisa bermanfaat untuk pembangunan daerah.

Lahan yang pernah di tambang itu dalam kondisi rusak. Namun apabila ada perusahaan swasta yang secara langsung ingin melakukan reklamasi, Pemerintah Daerah (pemda) Belitung tetap memberi dukungan.

"Supaya lahan yang rusak, diperbaiki dan bermanfaat untuk daerah dan masyarakat setempat. Kami memang selama ini mengarahkan perusahaan - perusahaan pertambangan seperti itu," kata Sanem kepada posbelitung.co Rabu (13/3/2019).

Pengelolaan lahan tersebut, merupakan salah satu kewajiban bagi perusahaan tambang. Sebab kuasa dari pengelolaan lahan tambang itu, merupakan milik dari perusahaan dan harus dikelola secara mandiri.

"Lebih bagus melibatkan masyarakat setempat secara langsung. Tapi itu tidak terlepas dari keinginan tau kami, pengelolaan lahan eks tambang itu untuk apa. Selama ini kami lihat, mereka yang mereklamasi tetapi belum ada di sampaikan kepada kami," bebernya.

Terdapat beberapa perusahaan swasta selama ini memang sudah pernah menyampaikan tentang reklamasi lahan eks tambang. Itu tentu sangat memudahkan pemerintah daerah untuk menyesuaikan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

"Katakan saja kalau dia reklamasi tau-tau bikin gudang, itukan tidak cocok. Nah kalau dulu itu, PT Timah misalkan atau orang yang prosedural, kami mengarahkannya jelas, peruntukan harusnya untuk apa melihat dari potensi daerah itu. Seperti danau biru contohnya, sebagai supprot pariwisata," jelasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved