Jokowi ke Bangka

Bupati Belitung Tidak Ikut ke Pangkalpinang Peresmian KEK Tanjung Kelayang : yang Penting Legalitas

Iya peresmian nya disana, dan mungkin kesana itu karena ada KEK juga yang mau dibuka, mungkin tujuannya

Bupati Belitung Tidak Ikut ke Pangkalpinang Peresmian KEK Tanjung Kelayang : yang Penting Legalitas
Pos Belitung/Disa Aryandi
Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Orang nomor satu di Republik Indonesia (RI), kamis (14/3/2019) sudah agendakan untuk datang ke Pangkalpinang.

Salah satu tujuan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tersebut, meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Lounching KEK Tanjung Kelayang ini, akan terlaksana diruang tunggu Bandara Depati Amir Pangkalpinang.

Sedangkan KEK Tanjung Kelayang berada di Pulau Belitung yang terpisah daratan, namun dalam lingkup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Iya peresmian nya disana, dan mungkin kesana itu karena ada KEK juga yang mau dibuka, mungkin tujuannya seperti itu. Seharusnya memang, harus nya disini (Belitung), karena KEK Tanjung Kelayang itu disini, dan disini sudah bangun," kata Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) kepada Posbelitung.co, Rabu (13/3/2019).

Namun, untuk persoalan tersebut Sanem tidak melihat secara negatif. Terpenting legalitas KEK Tanjung Kelayang tersebut sudah diresmikan oleh Presiden Jokowi dan berkembang untuk pembangunan daerah, berupa multiplayer effect.

"Jadi kami tidak melihat kesana, walau di Pangkalpinang, atau Jakarta peresmian nya sama saja, dan tidak masalah.

Yang penting legalitasnya itu sudah diresmikan," ucap Sanem yang tidak mendapat undangan untuk peresmian KEK Tanjung Kelayang tersebut.

Menurut Sanem, kondisi pembangunan KEK Tanjung Kelayang tersebut, investasi yang ditargetkan masuk ke Belitung hingga tahun 2025 senilai Rp 2,5 triliun. Sarana dan prasarana yang sudah terbangun, satu unit hotel Saraton dan jalan aspal.

"Kalau dihitung dari angka Rp 2,5 triliun itu, sekarang ini baru sekian persen saja dari segi ekonomi. Tapi memang tidak semudah itu, dari proses pembangunan juga dan lainnya, setelah ditetapkan sebagai KEK," ujar Sanem yang tidak ikut menyambut kedatangan Presiden.

Keberadaan KEK Tanjung Kelayang, diakui Sanem, berdampak sekali dengan pembangunan berbagai infrastruktur di Belitung.

Sarana dan prasarana seperti jalan raya, listrik dan insfrastruktur lainnya sudah berkembang.

Terutama berbagai infrastruktur yang ada di daerah seputaran keberadaan KEK Tanjung Kelayang tersebut. Tentunya itu sangat diharapkan, untuk meningkatkan pembangunan daerah lebih cepat.

"Jadi bukan hanya semata-mata KEK saja dan itu memang yang kami harapkan. KEK ini adalah disisi lainnya support Pemerintah Pusat untuk dukungan infrastruktur, dan masyarakat secara langsung menikmatinya," bebernya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved