BangkaPosiana

Kapan Pertama Kali Orang Mulai Merokok? Begini Sejarahnya, dan Zat Berbahaya di Rokok

Rokok merupakan bahan silinder yang terbuat dari kertas dan beri daun-daun tembakau yang sudah dicacah

Kapan Pertama Kali Orang Mulai Merokok? Begini Sejarahnya, dan Zat Berbahaya di Rokok
istock
Illustrasi perempuan memegang rokok 

POSBELITUNG.CO - Rokok merupakan bahan silinder yang terbuat dari kertas dan beri daun-daun tembakau yang sudah dicacah.

Dimulai Suku Indian

Dilansir dari wikipedia.com dan kompas.com, manusia di dunia yang merokok untuk pertama kalinya adalah suku bangsa Indian di Amerika, untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh.Sejarah rokok dimulai di Amerika Selatan pada 4.000 tahun sebelum masehi.

Pada abad 16, Ketika bangsa Eropa menemukan benua Amerika, sebagian dari para penjelajah Eropa itu ikut mencoba-coba menghisap rokok dan kemudian membawa tembakau ke Eropa.

Baru beberapa abad kemudian tembakau diperkenalkan di daratan Eropa. Setelah Cristopher Colombus menjadi orang Eropa pertama yang menemukan tumbuhan tembakau. Bangsa Eropa kemudian membawa tembakau itu berbagai tempat dengan menggunakan kapal laut.

Kemudian kebiasaan merokok mulai muncul di kalangan bangsawan Eropa. Tapi berbeda dengan bangsa Indian yang merokok untuk keperluan ritual, di Eropa orang merokok hanya untuk kesenangan semata-mata.

Bangsa Eropa kemudian membawa tembakau itu berbagai tempat dengan menggunakan kapal laut.

Kemudian, para pelaut meniru kebiasaan suku Aborigin yang menggunakan tembakau untuk merokok dengan cara dipadatkan ke dalam pipa atau cerutu.

Tembakau yang terkenal dengan aromanya yang wangi, ternyata tidak hanya bisa dinikmati dengan cara diisap, namun juga dengan cara dihirup.

Cara kedua ini dinilai lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan asap rokok.

Halaman
1234
Editor: khamelia
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved