Bahar Buasan Ingin Nilai Budaya dan Toleransi Ditanamkan Sejak Dini di Sekolah

Anggota DPD RI dapil Babel, Bahar Buasan mengimbau tenaga pendidik di sekolah agar dapat menanamkan pada anak didik soal toleransi dalam berbudaya.

Bahar Buasan Ingin Nilai Budaya dan Toleransi Ditanamkan Sejak Dini di Sekolah
Posbelitung.co
Bahar Buasan Ingin Nilai Budaya dan Toleransi Ditanamkan Sejak Dini di Sekolah 

POSBELITUNG.CO--Anggota DPD RI dapil Babel, Bahar Buasan mengimbau tenaga pendidik di sekolah agar dapat menanamkan pada anak didik soal toleransi dalam berbudaya.

Hal ini ia katakan sebagai salah satu langkah konkret yang harus dilakukan dalam menanggapi masalah intoleransi yang sudah mulai tersebar di berbagai media. Tidak tertutup kemungkinan juga sudah dikonsumsi oleh para pelajar. 

"Misalnya juga memperkenalkan anak-anak kepada kebudayaan yang hidup di lingkungannya sendiri sehingga kepribadiannya akan tumbuh. Kalau sekarang dibikin lebih ketat tentang pengenalan pada esensi toleransi terhadap budaya di sekitar saya kira itu langkah konkret," ujar Bahar buasan.

Menurut Bahar, menghadapi masalah intoleransi dapat dilakukan dengan mengenali budaya lokal sejak dini dan membangun kepercayaan pada anak didik.

"Memastikan semua informasi mengenai praktik-praktik kebudayaan yang ada di kita ini terekam dengan baik. Yang kedua membangun saling pengertian. Ranahnya apa? Lewat Pendidikan," ujarnya.

Ia juga menekankan bahwa masalah intoleransi jangan hanya dipersempit sebagai persoalan antar agama. Karena, kata dia, praktik-praktik kebudayaan berbasis etnis lainnya juga memiliki konflik yang sama.

Selain itu, Bahar Buasan menjelaskan bahwa masyarakat Babel harus percaya pada keanekaragaman budaya yang bisa hidup saling berdampingan. Menurut dia hal ini sudah terjadi sepanjang sejarah Indonesia. 

Ia menilai sikap inklusif masyarakat dan adanya local genius yang bisa menyaring kebudayaan-kebudayaan dari luar Indonesia sehingga kemudian bisa diolah sesuai kebutuhan masyarakat, adalah cara efektif dalam menciptakan lingkungan sehat untuk kehidupan berbudaya

"Seperti yang kita ajarkan di rumah inspirasi Buasan, di sana anak-anak dari berbagai macam etnis, agama dan budaya bisa saling berdampingan. Saya yakin, Babel ini akan maju bila bisa saling bergandengan tangan dalam membangun daerah ini," tutup Bahar.

Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved