Berita Belitung

Video : Pengembangan Pelabuhan Tanjung Batu Port, Harus Rampungkan Berbagai Dokumen Dulu

Beberapa dokumen di antaranya dokumen Feasibility Studi ditunggu oleh Direktur Kepelabuhan Direktorat Jenderal (Dirjen) Per hubungan Laut M Tohir.

POSBELITUNG.CO - Sebelum pengembangan terhadap Pelabuhan Tanjung Batu Port, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung. Beberapa dokumen di antaranya dokumen Feasibility Studi (FS/Studi Kelayakan) ditunggu oleh Direktur Kepelabuhan Direktorat Jenderal (Dirjen) Per hubungan Laut M Tohir. 

Dokumen itu dibutuhkan sebagai dasar investor untuk berinvestasi di Pelabuhan Tanjung Batu Port dan melirik APBN Pemerintah Pusat. Tidak dipungkiri, untuk fasilitas Pelabuhan Tanjung Batu Port, hingga kini masih terdapat berbagai kendala, mengingat sebagian dari dermaga tersebut mengalami kerusakan.

"Kami sudah minta buatkan dokumen studi dan ini baru informasi awal saja, dan memang potensi dari Tanjung Batu itu, KEK Industri. Kami sarankan dibuatkan dokumen rencana apa saja, itu tentu berkaitan dengan RIP," kata M Tohir kepada posbelitung.co, kamis (14/3/2019).

Rencana Induk Pelabuhan (RIP) Tanjung Batu Port secara tersendiri, hingga kini belum dimiliki oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Belitung. RIP semula yang ada, masih digabungkan dengan Pelabuhan Tanjungpandan.

"Kami melihat memang Tanjung Batu masih ada kendala dengan fasilitas, jadi ada yang rusak-rusak itu, mau kami perbaiki dengan menggunakan anggaran APBN tahun ini. Pemda memang sudah menciptakan Pelabuhan ini untuk Industri, tapi kalau tidak ada barang keluar dari Belitung pelabuhan tidak akan berkembang, jadi harus ada komoditi yang keluar dari sini," ujarnya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved