Berita Belitung

Belitung Punya Kapal Pengangkut Sampah Laut, Beroperasi di Pantai Tanjung Kelayang & Tanjung Tinggi

Sementara ini, mereka sudah melakukan operasional terhadap satu unit kapal buat pengangkut sampah laut.

Belitung Punya Kapal Pengangkut Sampah Laut, Beroperasi di Pantai Tanjung Kelayang & Tanjung Tinggi
Ist/dok DLH Belitung
Kapal pengangkut sampah di perairan laut, yang di operasional di perairan Belitung bagian Utara. 

POSBELITUNG.CO - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung, sudah mendapatkan solusi untuk mengantisipasi persoalan sampah di perairan laut. Terutama di perairan Belitung bagian utara Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Lantaran perairan tersebut merupakan tempat kunjungan wisata.

Sementara ini, mereka sudah melakukan operasional terhadap satu unit kapal buat pengangkut sampah laut. Kapal yang dilengkapi dengan mesin berukuran 12 PK tersebut, mampu membawa sampah 400 - 500 kilogram (Kg).

"Itu sudah mulai kami operasionalkan, dan ada tiga orang petugas yang akan betugas dikapal pengangkut sampah ini. Sementara ini, mereka patroli Kamis dan Sabtu," kata Plt DLH Kabupaten Belitung Edi Usdianto kepada posbelitung.co, Jumat (15/3/2019).

Kapal pengangkut sampah ini, beroperasi mulai pukul 09.00 WIB - 16.00 WIB. Untuk titik fokus patroli sampah sementara ini, di sepanjang pantai Tanjung Kelayang dan Tanjung Tinggi. Dua pantai tersebut merupakan lokasi pariwisata yang terbilang padat.

"Kapal pengangkut sampah laut ini juga sudah kami sosialisasikan kepada masyarakat di Kecamatan Sijuk. Termasuk sampah yang ada di pulau-pulau yang sudah dikelola, kalau sudah ditumpuk atau kumpulkan dalam karung atau plastik, kami siap untuk membawanya," ujarnya.

Sistem kerja kapal ini, sama seperti kapal boat pada umumnya. Hanya saja kapal ini, apabila melihat sampah yang ada di laut sedang mengapung atau di seputaran pulau-pulau kecil sebagai tempat pariwisata, maka akan langsung diambil dan dimasukan ke dalam kapal pengangkut sampah.

"Termasuk yang dipesisir pantai juga, bila terjadi penumpukan akan kami angkut sampah itu. Setelah dibawa menggunakan kapal ini, baru nanti dibawa ke darat dan dimasukan ke mobil pengangkut sampah, baru dibawa ke tempat pembuangan akhir," ucapnya. (Pos Belitung/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved