Dianggap Angka Sial, Berikut Misteri tentang Angka 13

Ada banyak mitos yang beredar di dunia. Meski zaman telah modern, kepercayaan akan mitos nampaknya masih belum bisa ditinggalkan.

Dianggap Angka Sial, Berikut Misteri tentang Angka 13
MBPROJEKT_Maciej_Bledowski
angka 13 

POSBELITUNG.CO - Ada banyak mitos yang beredar di dunia. Meski zaman telah modern, kepercayaan akan mitos nampaknya masih belum bisa ditinggalkan.

Salah satu mitos yang masih hidup hingga saat ini adalah kepercayaan mengenai angka 13 sebagai angka sial.

Di berbagai negara, seperti China atau Amerika, sebagian besar hotel dan bangunan tak memiliki lantai ketiga belas karena dianggap sebagai kesialan.

Bahkan, banyak nomor rumah yang tak memakai angka 13 karena takut penghuni di dalamnya akan bernasib sial.

Ketakutan pada angka 13 ini disebut dengan triskaidekaphobia. Nah, mitos mengenai angka 13 memang diawali oleh banyak insiden yang memicu kepercayaan ini.

Misalnya, peristiwa Apollo 13 yang merupakan hari gagalnya misi pendaratan di bulan oleh negara adidaya Amerika Serikat.

Kegagalan itu disebabkan meledaknya tangki oksigen pada 13 April 1970. Ini membuat kru yang ada di darat dan penerbangan harus melewati sejumlah hari yang intens dan sulit.

Untungnya para astronot yang terlibat dalam misi itu berhasil selamat. Meski gagal, misi tersebut telah menciptakan sejarah dunia.

Tragedi lainnya adalah Columbia Space Shuttle, yang berangkat ke luar angkasa pada 16 Januari 2003.

Januari adalah bulan pertama dalam perhitungan kalender, jika kita jumlahkan semua angka yang ada, yaitu dua kali angka satu, enam, dua dan tiga, maka akan menghasilkan total 13.

Halaman
1234
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved