Pelaku UMKM Belitung Akan Jajaki Pasar Malaysia

Kalau hanya berpegang pada itu memang betul dua bulan anjlok, itu kalau mengandalkan konsumen wisatawan

Pelaku UMKM Belitung Akan Jajaki Pasar Malaysia
Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Kabid KUMKM Dinas KUMKM, Tenaga Kerja, dan Perdagangan Kabupaten Belitung Mulai Samosir bersama pelaku usaha yang akan mengikuti Malaysia International Halal Showcase saat melakukan pertemuan, Jumat (15/3/2019). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sebanyak 9 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Belitung akan menjajaki pasar mancanegara.

Dijelaskan Kabid Koperasi dan UMUM Dinas KUMKM, Tenaga Kerja, dan Perdagangan Kabupaten Belitung Mulai Samosir, pelaku-pelaku usaha tersebut akan menyasar pasar di Malaysia melakukan business matching dengan pelaku usaha negara tetangga.

Segmen pasar UMKM lokal yang terpaku pada wisatawan menurutnya sudah mulai harus dikembangkan dengan menyasar pasar yang lebih besar.

"Kalau hanya berpegang pada itu memang betul dua bulan anjlok, itu kalau mengandalkan konsumen wisatawan.

Makanya sekarang diupayakan segmen wisatawan menjadi nomor dua, tapi upaya kedepannya UKM mulai mencari pangsa pasar, baik itu antar pulau maupun antar negara," ujarnya, Jumat (15/3/2019) saat rapat bersama pelaku usaha yang akan berangkat ke Malaysia.

Upaya menjalin kerjasama dengan pelaku usaha mancanegara tersebut tentunya diupayakan sebagai cara meningkatkan omzet UMKM.

Lanjutnya, ada beberapa produk yang akan dibawa seperti olahan perikanan, olahan pertanian, juga lada baik yang sudah diolah maupun belum diolah.

Ia menambahkan, beberapa tahun belakangan pemilik usaha digenjot menciptakan produk.

Kemudian didorong pada tahap peningkatan daya saing. Kini pihaknya mengupayakan UMKM memiliki pasar yang semakin luas.

"Kami sudah melakukan kerjasama dengan kepabeanan bahwa bandara kita internasional karena sudah ada penerbangan langsung ke luar negeri, jadi sudah bisa ekspor. Bandara juga sudah punya kargo, dengan informasi itu kami mulai penjajakan ke pasar global," tambahnya.

Selain business matching, para pelaku UMKM lokal sekalian melakukan pameran pada Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) selama periode 3-6 April 2019 mendatang. (Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved