Bahar Buasan Tanamkan Nilai Pancasila Pada Generasi Milenial

Bahar Buasan mengatakan kapitalisme merupakan tantangan besar yang harus dihadapi oleh Indonesia saat ini dan ke depan.

Bahar Buasan Tanamkan Nilai Pancasila Pada Generasi Milenial
Pos Belitung
Bahar Buasan tanamkan nilai pamcasila pada pemuda Babel 

POSBELITUNG.CO -- Anggota DPD RI dapil Babel, Bahar Buasan mengatakan kapitalisme merupakan tantangan besar yang harus dihadapi oleh Indonesia saat ini dan ke depan. Karena menurutnya kapitalisme sangat bertolak belakang dengan nilai-nilai pancasila.

“Kita sangat menentang dengan yang namanya kapitalisme. Karena itu, Pancasila merupakan landasan ideologi terbaik yang cocok diterapkan bagi bangsa Indonesia yang memiliki latar belakang keanekaragaman suku, ras, agama, maupun antar golongan masyarakat,” tegas Bahar Buasan.

Bahar mengatakan, penguatan nilai-nilai Pancasila bisa membentengi diri dari berbagai pengaruh negatif. Baik itu dari internal maupun dari besarnya arus globalisasi, eksternal.

Menurutnya keluarga memegang peran penting dalam menancapkan nilai-nilai pancasila dalam beraktifitas.

Cara-cara seperti mengikuti kegiatan-kegiatan sosialisasi yang berkelanjutan juga bisa dilakukan agar masyarakat mampu kembali mengamalkan pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

“Pancasila perlu ditanamkan kembali dimulai dari keluarga agar dapat dipahami dan diamalkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Bahar Buasan.

Menurut senator asal Bangka Belitung itu, penguatan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat saat ini amat sangat perlu dilakukan. Sebab, lanjut Bahar, tantangan kebangsaan yang dihadapi Indonesia ke depan semakin besar.

Menurut Bahar, tidak ada sumber landasan yang lain yang dapat mempersatukan bangsa Indonesia kecuali dengan pancasila.

“Karena itu, tidak ada alasan moral atau ideologis apapun bagi masyarakat Indonesia, untuk tidak menerima dan mengamalkan nilai-nilai pancasila sebagai dasar dalam kehidupan berbangsa maupun bernegara,” pungkasnya.

Penulis: ibnu Taufik juwariyanto
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved