Hati-hati, Dua dari Tiga Aplikasi Antivirus di Play Store adalah Palsu

Saat ini ada ratusan aplikasi antivirus yang ada di Google Play Store. Namun hati-hati, mayoritas aplikasi antivirus tersebut sebenarnya palsu.

Hati-hati, Dua dari Tiga Aplikasi Antivirus di Play Store adalah Palsu
istimewa
Hati-hati, dua dari tiga antivirus Android sebenarnya palsu 

POSBELITUNG.CO - Ada yang pura-pura melakukan scan, ada yang cuma mengandalkan nama paket aplikasi. Yang ironis, ada aplikasi antivirus yang mendeteksi dirinya sendiri sebagai virus.

Untuk melihat kemampuan mendeteksi berbagai jenis malware, tim penguji menggunakan 2000 file .apk berisi malware. Tim juga menggunakan 100 .apk yang bebas malware untuk mendeteksi apakah aplikasi antivirus tersebut melakukan false-positive (alias salah identifikasi aplikasi aman sebagai virus).

Dari pengujian ini, hanya 80 dari 250 antivirus yang berhasil mendeteksi setidaknya 30% dari malware yang diuji. Ada 23 aplikasi antivirus yang berhasil mendeteksi malware 100%, dan umumnya berasal dari perusahaan antivirus ternama seperti Avast, AVG, ESET, atau F-Secure.

Sedangkan sisanya, relatif tidak melakukan perlindungan apa-apa. Mereka menyamar sebagai aplikasi antivirus sambil menangguk pendapatan lewat iklan. Untuk pura-pura menjadi antivirus, caranya bermacam-macam. Kebanyakan cuma mengandalkan whitelist/blacklist, alias daftar aplikasi yang sudah terbukti bersih atau terbukti adalah virus.

Bahkan ada developer yang “lupa” memasukkan nama aplikasinya ke whitelist, sehingga antivirusnya mendeteksi dirinya sendiri sebagai virus.

Sebagian antivirus bahkan tidak berguna sama sekali. Contohnya antivirus SD Card Virus Scanner pura-pura scan 10 milidetik ke tiap file, padahal sebenarnya tidak melakukan apa-apa. Tampilan antivirus ini bahkan terkesan mirip satu sama lain, seperti bisa dilihat di gambar di bawah.

Sebagian antivirus bahkan memiliki tampilan yang sama, yang menunjukkan ketidakseriusan dalam membuat aplikasi
 
Sebagian antivirus bahkan memiliki tampilan yang sama, yang menunjukkan ketidakseriusan dalam membuat aplikasi

Sebagai kesimpulan, AV-Comparatives menyarankan pengguna untuk memilih antivirus dari perusahaan security ternama dan terbukti memiliki reputasi bagus (hasil lengkapnya bisa dilihat di link ini). AV-Comparatives juga menyarankan penyedia antivirus untuk menyediakan trial bagi pengguna, sehingga pengguna memiliki kesempatan menjajal kemampuan antivirus tersebut.

SUMBER

Editor: khamelia
Sumber: Tabloid Rumah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved