VIDEO : MUI Babel Menggelar Sosialisasi Kampung Pangan Halal di Belitung

Disampaikan Ketua MUI Babel Zayadi, konsep kampung pangan halal merupakan pemukiman yang dijadikan sebagai ikon bagi produk halal

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bangka Belitung menggelar sosialisasi kampung pangan halal di Restoran Pandan House, Tanjungpandan, Kamis (21/3/2019). Kegiatan ini melibatkan kepala desa atau lurah se-Kabupaten Belitung.

Disampaikan Ketua MUI Babel Zayadi, konsep kampung pangan halal merupakan pemukiman yang dijadikan sebagai ikon bagi produk halal terutama makanan yang sudah disertifikasi MUI melaui lembaga pengkajian pangan, obat-obatan dan kosmetik (LPPOM).

"Jadi kalau sebuah restoran dapat label sertifikat halal dari MUI berarti semua makanan didalamnya sudah dihalalkan. Demikian juga itu yang kami inginkan, jadi kampung pangan halal ini menyediakan semua kuliner halal baik produk olahan atau bukan olahan," jelasnya.

Dengan demikian, produk-produk yang belum memiliki sertifikat halal tidak dibolehkan berada di lingkungan tersebut. Ia menambahkan, kampung pangan halal juga nantinya memudahkan wisatawan yang memang ingin menikmati kuliner halal.

"Kami masih mengidentifikasi dan mencari data mengenai wilayah yang bisa dijadikan sesuai konsep tersebut. Kegiatan ini akan menawarkan ke kepala desa atau lurah, mana yang siap baru kami dorong apa saja yang perlu disiapkan dan kontribusi apa yang dapat kami berikan dalam rangka pengadaan kampung pangan halal," katanya.

Menurutnya, kuliner halal pun sedang menjadi tren yang diminati wisatawan lokal maupun mancanegara. Sehingga halal bukan hanya monopoli bagi umat muslim, tapi bahkan bagi non muslim.

Apalagi Belitung sebagai destinasi wisata sudah semakin berkembang. Ini terlihat dari kunjungan wisatawan semakin ramai, sehingga harus dipersiapkan dari segi makanan dan tempat tinggal.

"Semua didorong dalam rangka menggerakkan pariwisata, kami dari MUI dan LPPOM mendorong dari aspek kehalalan ini," tutur Zayadi. (Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved