Permudah Layanan Pasien Laka Lantas

Rakor yang dipimpin Isyak Meirobie itu, membahas tentang prosedur penanganan bagi peserta asuransi BPJS kesehatan yang mengalami laka lantas

Permudah Layanan Pasien Laka Lantas
posbelitung/Yuranda
Rapat Koordinasi (rakor) prosedur penanganan asuransi BPJS kesehatan untuk Laka Lantas tunggal, di ruang rapat pemkab Kabupaten Belitung, Jumat (22/3/2019). 

POSBELITUNG.CO-- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS ) kesehatan Kabupaten Belitung meminta stakeholder terkait saling bekerjasama dalam mempermudah pelayanan pasien Laka Lantas dalam Rapat Koordinasi (rakor), Jumat (22/3/2019).

Rakor yang dipimpin Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie itu, membahas tentang prosedur penanganan bagi peserta asuransi BPJS kesehatan yang mengalami laka lantas.

Doker Gigi Rurry, perwakilan BPJS Kesehatan Kabupaten Belitung mengatakan,
untuk masing-masing pihak melakukan koordinasi dengan BPJS kesehatan, BPJS ketenagakerjaan, jasa raharja, kepolisian, rumah sakit, dan dinas terkait.

"Permasalahan yang dihadapi saat ini, dari masing - masing pihak masih bekerja sendiri, dan belum terintegrasi, sementara untuk kasus kecelakan ini kan kita butuh integrasi dari semua bidang / Stackholder," katanya.

Terkait prosedur untuk pasien yang mengalami kecelakaan, dan masuk rumah sakit, diarahkan ke kantor polisi untuk membuat laporan polisi dalan 1 x 24 jam.

"Nantinya dari laporan polisi tersebut, akan ditentukan siapa penjaminnya, apakah bpjs kesehatan, apakah bpjs ketenagakerjaan, apakah jasa raharja, atau pun Taspen, tergantung dari kasusnya," katanya.

Diakuinya, permasalahan yang masih dihadapi BPJS Kesehatan sekarang adalah saat administrasi belum selesai sedangan pasiennya sudah keluar atau telah meninggal dari rumah sakit sebelum 1x24 jam, maka pihak rumah sakit akan melakukan sistem titip uang.

"Karena kalau pasiennya telah meninggal sebelum 1x24 jam, dari pihak rumah sakit sendiri melakukan sistem titip uang dulu, jika berkasnya sudah selesai uangnya akan di kembali ke pasien, " jelasnya.

Rurry berharap, seluruh bidang / stackholder saling sinergi untuk membantu atau melayani masyarakat dan tidak mementingkan kepentingan masing-masing bidang.

"Terlihat dari masing - masing bidang masih mementingkan kinerja dan menjaga nama baik instansi, sehingga kepentingan masyarakat terabaikan, " pungkasnya.

(posbelitung/Yuranda/r6)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved