Lebih Dekat dengan OPPO F11 Pro: Tampil Unik dengan Kamera Depan Pop-up

Awal Maret 2019, OPPO secara resmi memboyong seri F11 ke Indonesia. Hadir dalam seri F11 dan F11 Pro, perbedaan mencolok dari keduanya adalah pada...

Lebih Dekat dengan OPPO F11 Pro: Tampil Unik dengan Kamera Depan Pop-up
infokomputer.grid.id
OPPO F11 Pro 

POSBELITUNG.CO - Awal Maret 2019, OPPO secara resmi memboyong seri F11 ke Indonesia. Hadir dalam seri F11 dan F11 Pro, perbedaan mencolok dari keduanya adalah pada kamera depan.

Pada F11 Pro, OPPO menggunakan konsep pop-up atau Pop-Up kamera dimana kamera depan akan keluar dari persembunyiannya saat diaktifkan.

Dengan kamera depan yang tersembunyi, tampilan layar akan lebih luas karena tidak terganggu posisi kamera depan.

Sedangkan OPPO F11 masih menggunakan desain standar dengan menempatkan kamera depan pada notch berukuran kecil.

Meski bukan smartphone pertama dengan Pop-Up kamera di Indonesia, F11 Pro ini menawarkan sesuatu yang agak berbeda dibanding kompetitor.

Pihak OPPO menjelaskan bahwa mekanisme dari kamera depan ini memiliki perlindungan. Misalnya, kamera secara otomatis akan menutup sendiri saat ada benturan atau tekanan.

Ini guna menghindari atau meminimalisir kerusakan mekanik jika terjadi dua hal tersebut. Kami sendiri sempat mencoba menekan kamera secara paksa saat posisi timbul dan otomatis kamera akan menutup kembali.

 Secara spesifikasi, kamera depan ini dibekali dengan resolusi 16 MP dengan bukaan f/2.0 serta fitur HDR. Kemampuannya dalam merekam video hingga resolusi full HD atau 1080p. Kamera depan ini berada di posisi tengah sehingga terasa pas menghadap wajah secara lurus saat selfie.

Layarnya memiliki ukuran 6,53 inci dengan resolusi full HD dengan rasio aspek 19,5:9. Tanpa terhalang penempatan kamera depan serta memiliki ukuran bezel tipis, F11 Pro memiliki ukuran layar lebih luas tanpa halangan.

Penempatan tombol Back, Home, dan Recent, hadir secara virtual yang berada di dalam layar.

 Untuk tombol fisik, sisi kanan terdapat tombol Power yang berada di bawah slot kartu SIM dan memori. Sisi kiri terdapat tombol Volume Up dan Down yang dibuat secara terpisah menjadi dua tombol.
Oiya, slot kartu menggunakan kompartemen hybrid, jadi Anda hanya bisa menggunakan satu kartu SIM dan satu kartu memori tambahan, atau hanya dua kartu SIM tanpa kartu memori.
Untuk sisi bawah terdapat lubang audio, speaker mono, dan masih menggunakan port micro USB 2.0. Sedangkan sisi atas hanya terdapat lubang reset serta posisi kamera depan.
Beralih ke bagian belakang, bodinya menggunakan bahan plastik kuat berbahan glossy. F11 Pro hadir dalam dua pilihan warna thunder black bernunasa gelap dengan gradasi warna keren dan warna aurora green dengan dominan warna hijau.
Unit yang kami coba memiliki pilihan warna yang pertama. Bagian ini terdapat logo OPPO serta tulisan designed by OPPO yang menegaskan rancangan mereka. Tidak ketinggalan sensor sidik jari yang berada di bawah kamera utama.
 Dengan posisi vertikal, OPPO menempatkan satu lampu kilat dan dua kamera. Kamera pertama memiliki ukuran lebih kecil dibanding kedua. Kamera pertama memiliki resolusi 48 MP sebagai kamera utama dengan bukaan f/1.8. Kamera keduanya memiliki resolusi 5 MP dengan bukaan f/2.4 dengan fungsi depth sensor yang salah satunya berguna untuk mendapatkan foto dengan efek bokeh.
 F11 Pro menggunakan prosesor dengan chip dari Mediatek yaitu Helio P70 dengan arsitektur 12nm. Unit yang kami coba ini memiliki kapasitas RAM 6 GB dan media penyimpanan 64 GB, yang menurut kami sudah cukup untuk menjalankan aplikasi terkini.
Bagaimana kinerjanya? Kami sendiri baru mencoba manjalankan aplikasi Antutu dan berhasil mendapatkan skor 144860. Skor ini tidak berbeda jauh dengan skor dari chipset Snapdragon 660 yang pernah kami uji pada smartphone Asus Zenfone Max Pro M2. Untuk hasil pengujian lebih lengkap, Anda bisa mendapatkannya pada majalah Infokomputer edisi Mei 2019.
 
 

OPPO F11 Pro di Indonesia dijual dengan harga Rp4.999.000, lebih mahal dibanding OPPO F11 yang dibanderol dengan harga Rp3.999.000.

 SUMBER

Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Info Komputer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved