VIDEO : Layanan Darurat Public Service Center 119 Diresmikan di Belitung

Jika penelepon menggunakan provider Telkomsel, maka ketika memanggil layanan 119 akan diminta menekan tombol satu.

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Public Service Center (PSC) 119 dapat dimanfaatkan bagi masyarakat yang menemukan kejadian darurat sehingga memerlukan pertolongan. Call center 119 yang dihubungi akan diterima operator yang berbeda bergantung provider yang digunakan penelepon.

Jika penelepon menggunakan provider Telkomsel, maka ketika memanggil layanan 119 akan diminta menekan tombol satu. Kemudian panggilan akan langsung dialihkan ke operator PSC Belitung.

Sedangkan bagi pengguna provider XL Axiata akan terhubung ke PSC pusat nanti pusat akan menanyakan daerah atau lokasi penelepon. Barulah nanti akan dihubungkan ke operator di Belitung.

"Laporan akan segera ditindaklanjuti. Misalnya ada kecelakaan, maka biasanya call center akan menanyakan lokasi, kondisi pasien, dan keadaan sekitar untuk mengetahui tindakan yang perlu dilakukan untuk evakuasi," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Suhandri, Senin (8/4/2019).

Bagi layanan 24 jam ini, pihaknya pun menyediakan satu ambulance dan dua motor. Juga selalu ada tim yang bersiaga yakni seorang operator, seorang sopir dan dua tim medis.

Suhandri menjelaskan, jika terjadi kondisi darurat dalam waktu yang bersamaan, maka PSC akan segera mengoordinasikan ke puskesmas terdekat untuk menjemp pasien di lokasi kejadian. Barulah kemudian pasien gawat darurat akan dibawa ke RSUD dr H Marsidi Judono.

Sebelum diresmikan, sebelumnya PSC 119 sudah diujicoba sebulan ini serta sudah menangani 12 pasien gawat darurat.

PSC 119 diresmikan Senin (8/4/2019) yang dilakukan Bupati Belitung Sahani Saleh. Selain itu peresmian juga dihadiri Wakil Bupati Belitung dan jajaran Forkompinda. (Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: fitriadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved