Jangan Buang Daun Singkong saat Anda Makan Nasi Padang Agar Terhindar dari Kolesterol

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa kolesterol dalam sepiring nasi padang yang penuh lemak dan Santan amat tinggi.

Jangan Buang Daun Singkong saat Anda Makan Nasi Padang Agar Terhindar dari Kolesterol
kompas.com
nasi padang 

Tips Terhindar dari Kolesterol Akibat Makan Nasi Padang, Ahli Gizi: Jangan Buang Daun Singkong

POSBELITUNG.CO -- Nasi padang menjadi salah satu makanan kegemaran masyarakat karena kaya rasa, variatif sekaligus ekonomis.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa kolesterol dalam sepiring nasi padang yang penuh lemak dan Santan amat tinggi.

Oleh karena itu, ada fungsi terselubung dari daun singkong rebut yang bisa meredam jahatnya kolesterol, simak penjelasannya!

Menurut dari data komposisi pangan Indonesia, seporsinasi padang itu sama dengan seporsi nasi campur dan nasi rames. Memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, yaitu 155 Kal.

Sedangkan kandungan proteinnya sebesar 10,3 g, lemak sebesar 4,2 g, dan air sebesar 65,8 g, bahkan kandungan karoten total dalam seporsi nasi padang ini berkisar 3.140 mcg.

Angka tersebut tergolong cukup tinggi. Karena beberapa menu lauk dalam nasi padang ini menggunakan kunyit dan cabai merah yang mengandung karoten tinggi.

Melansir dari Kompas.com, seorang ahli gizi dari RS Pondok Indah - Pondok Indah, dr Juwalita Surapsari, SpGK menuturkan, dirinya juga menyantap makanan dari tanah Minang ini.

Dalam episode perdana Rate My Plate yang diadakan di cabang baru restoran Padang Merdeka, Jl. K. H. Abdullah Syafe'i no 2, Tebet, Jakarta Selatan, dr Juwalita berbincang mengenai nutrisi nasi padang.

Porsi nasi padang lebih banyak saat dibungkus
Porsi nasi padang lebih banyak saat dibungkus (TribunnewsBogor.com/Vivi Febrianti)

"Sebetulnya tidak ada patokan berapa kali seminggu, berapa kali sebulan (mengonsumsi nasi padang). Tapi pilihannya itu yang paling penting," ungkap dr Juwalita.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved