Berita Belitung

Bahar Buasan Dorong Generasi Milenial Agar Mampu Kuasai Ekonomi Digital

Bahar Buasan mengatakan, dirinya tengah gencar membangun semangat optimisme kepada generasi muda Indonesia agar mampu bersaing di era industri 4.0.

Bahar Buasan Dorong Generasi Milenial Agar Mampu Kuasai Ekonomi Digital
Posbelitung
Tekan Angka Pengangguran, Bahar Buasan Ajak Pemuda Berani Terjun Ke Dunia Usaha 

POSBELITUNG-- Anggota DPD RI Dapil Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Bahar Buasan mengatakan, dirinya tengah gencar membangun semangat optimisme kepada generasi muda Indonesia agar mampu bersaing di era revolusi industri 4.0.

Bahar meyakini, Generasi milenial mampu menjadi penggerak ekonomi Indonesia ke depan melalui pengembangan ekonomi digital.

“Adik-adik mahasiswa saat ini adalah mereka yang akan mengisi pembangunan mulai sekarang hingga periode tahun 2030, bahkan 2045. Jadi, harus optimistis untuk lebih kreatif dan inovatif,” kata Bahar Buasan di Bangka Tengah.

“Kunci implementasi industri 4.0, salah satunya adalah ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten. Inilah yang menjadi kekuatan bagi Indonesia dibanding negara lain,” lanjutnya.

Untuk itu, Bahar Buasan sebagai Senator terus mendorong pemerintah agar semakin gencar melaksanakan berbagai program pengembangan kualitas SDM yang dapat memenuhi kebutuhan pasar kerja saat ini.

Apalagi menurut Bahar, Indonesia tengah menikmati masa bonus demografi atau dominasi penduduk berusia produktif hingga 15 tahun ke depan.

“Berdasarkan pengalaman negara lain seperti Jepang, China, Singapura, dan Thailand, ketika mereka berada pada masa bonus demografi, pertumbuhan ekonominya tinggi. Nah, inilah yang bisa menjadi kesempatan bagi Indonesia dengan potensi populasi tenaga kerja sekarang,” paparnya.

Oleh karena itu, dirinya terus mendorong pemerintah untuk membuat langkah strategis sebagai kesiapan untuk memasuki era revolusi industri 4.0 melalui beberapa langkah strategis, diyakini dapat merebut peluang dari efek ekonomi digital.

“Kalau pembangunan tanpa ekonomi digital, pertumbuhan hanya 5 persen. Bagi Indonesia, kita harapkan meningkatkan dengan penambahan lapangan kerja atau job creation,” tutupnya. (Posbelitung.com/Nurhayati)

Penulis: nurhayati
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved