Berita Pangkalpinang

Dinkes Babel Beberkan Lima Indikator untuk Meningkatkan Usia Harapan Hidup

Mulyono Susanto mengatakan ada bebarapa hal yang harus diperhatikan untuk meningkatkan usia harapan hidup.

Dinkes Babel Beberkan Lima Indikator untuk Meningkatkan Usia Harapan Hidup
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Kepala Dinas Kesehatan Babel, Mulyono Susanto. 

POSBELITUNG.CO  - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono Susanto mengatakan ada bebarapa hal yang harus diperhatikan untuk meningkatkan usia harapan hidup.

Ada lima indikator untuk meningkatkan usia harapan hidup yakni meningkatkan cakupan imunisasi, pananggulan TBC, mencegah stunting, menurunkan angka kematian ibu dan bayi dan mengurangi angka kesakitan akibat penyakit tidak menular. 

Dijelaskan Mulyono, lima hal ini harus dikerjakan secara simultan, dan tak kalah pentingnya ialah penanggulangan penyakit tidak menular, karena 70 persen penyebab kematian  diakibatkan penyakit tidak menular, seperti jantung, struk, dan diabetes.

Tak kalah pentingnya juga, yakni menekan angka kematian bayi dan balita dan ibu. Jika angka tinggi, maka akan berdampak pada penurunan usia harapan hidup.

"Tentunya umur harapan hidupnya akan berkurang banyak, seorang bayi harusnya hampir 70 tahun tapi ternyata umur 1 tahun sudah meninggal, bayi balita ini juga harus menjadi fokus  sehingga tidak mengurangi umur harapan hidup," katanya.

Menurutnya, untuk memperpanjang usia harapan hidup tidak hanya sebatas panjang umur, tapi juga harus sehat.

"Imunisasi ini perlu, cakupan kita sudah 90 persen, lantas anak tumbuh kembang anak dan mecegah stunting. Umur harapan hidup dari kemenkes tidak hanya umurnya panjang, tetapi umurnya panjang dan sehat," tambahnya.

Ditanyai apa penyebab usia harapan hidup perempuan lebih tinggi, ia menyebutkan perempuan lebih cenderung menerapkan pola hidup sehat 

"Pola hidup sehat lebih banyak pada perempuan, kalau laki-laki pola hidupnya tidak terjaga mungkin karena rokok, makan berlebih, alkohol sehingga cenderung beresiko," katanya.

(Bangka Pos/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved