Hari Ini Layanan Pendaftaran DPTb Akan Ditutup

KPU Kabupaten Belitung akan menutup layanan permohonan formulir model A5 bagi pemilih pindahan pada Rabu (10//2019) tepatnya pukul 16.00 WIB.

Hari Ini Layanan Pendaftaran DPTb Akan Ditutup
Posbelitung.co/dede s
Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan. 

POSBELITUNG.CO - KPU Kabupaten Belitung akan menutup layanan permohonan formulir model A5 bagi pemilih pindahan pada Rabu (10//2019) tepatnya pukul 16.00 WIB.

‎Keputusan tersebut berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang penambahan waktu pendaftaran Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) hingga H-7 jelang hari pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019.

"Hari ini kami tunggu sampai pukul 16.00 WIB untuk mengajukan pindah memilih dengan mendapatkan formulir ‎A5 ini," ujar Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan kepada posbelitung.co.

Ia menjelaskan pemilih ‎yang termaktub dalam putusan MK Nomor 20 Tahun 2019 itu terdapat‎ empat kategori.

Diantaranya pemilih dalam suatu wilayah yang mengalami bencana alam, dikarenakan sakit, sedang menjalani proses hukum‎ dan pemilih pada saat hari pemungutan suara sedang menjalani tugas di luar daerah.

Soni mengatakan untuk jumlah pemilih pasca putusan MK terbit memang tidak terlalu signifikan jika dibandingkan sebelum putusan tersebut.

Mengingat terdapat empat kategori yang harus dipenuhi dalam proses pengajuanya.

"Kalau yang memenuhi empat kriteria ini tidak sebanyak sebelumnya‎ yang 30 hari sebelum pemilihan. Karena mereka sudah menyelesaikan diproses pertama, tapi kita lihat nanti datanya setelah direkap," katanya.

Meskipun demikian, Soni mengakui terjadi ketidakseimbangan antara pemilih yang masuk dan keluar jika melihat hasil pleno rekapitulasi DPTb tanggal 21 Maret lalu.

Akan tetapi, pemilih DPTb akan mendapatkan hak suara yang berbeda-beda tergantung wilayah pindahan yang dituju.

(Posbelitung.co/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved