Berita Pangkalpinang

16 Warung di Pantai Pasir Padi Diminta Retribusi Sewa Lahan Rp 400 Ribu per Tahun

Pemerintah Kota Pangkalpinang akan melakukan penataan terhadap retribusi sewa lahan yang dipakai oleh 16 warung di kawasan Pantai Pasir Padi

16 Warung di Pantai Pasir Padi Diminta Retribusi Sewa Lahan Rp 400 Ribu per Tahun
Bangka Pos/ira Kurniati
Audiensi pemkot bersama pemilik warung, di Balitong resort kawasan Pantai Pasir Padi, Kamis (11/4/2019). 

POSBELITUNG.CO  - Pemerintah Kota Pangkalpinang akan melakukan penataan terhadap retribusi sewa lahan yang dipakai oleh 16 warung di kawasan Pantai Pasir Padi. 16 warung tersebut memang dibangun oleh masyarakat namun berada di tanah milik pemkot.

Kepala Dinas Pariwisata Pangkalpinang, Anggo Rudi, menyatakan16 warung tersebut di tahun 2012 hingga 2014 dikenakan retribusi sewa lahan sebesar Rp 400 ribu per tahun. Setelah 2015, retribusi yang dikenakan menjadi Rp 1,2 juta per tahun. Namun 2017 retribusi disana tidak lagi dipungut lantaran kebijakan dari Walikota terdahulu.

Adanya wacana untuk pembongkaran warung di sekitar kawasan tersebut untuk penataan pantai, namun menurut Anggo, hal tersebut disepakati sesuai dengan keputusan dari Walikota Maulan Aklil yang menjabat saat ini.

"Kebijakan Walikota kalau mau bongkar atau tidak terserah. Tapi restribusi tetap harus dibayar. Kalau tidak nanti terjadi temuan BPK." kata Anggo dalam audiensi pemkot bersama pemilik warung, di Balitong resort kawasan Pantai Pasir Padi, Kamis (11/4/2019).

Dalam audiensi dengan pemilik warung, Maulan Aklil (Molen) menyatakan tidak akan menggusur ataupun membongkar warung-warung tersebut, dengan catatan pemilik warung harus tetap menjaga kebersihan, kerapian dan kenyamanan sehingga kawasan pantai ini dapat menjadi destinasi wisata di Kota Pangkalpinang.

Molen menuturkan untuk retribusi akan dikenakan ada aturan lama yakni sebesar Rp 400 ribu untuk sewa lahan. Dia pun meminta dinas pariwisata untuk mengganggarkan di dana perubahan 2020 untuk penataan kerapian warung di kawasan pantai itu.

(Bangka Pos/ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved