Berita Belitung

Kasus Kekerasan pada Anak di Kabupaten Belitung Masih Mendominasi

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Sosial Kabupaten Belitung mencatat sejumlah kasus kekerasan yang terjadi pada perempuan dan anak.

Kasus Kekerasan pada Anak di Kabupaten Belitung Masih Mendominasi
istimewa
Ilustrasi memeluk anak 

POSBELITUNG.COM-- Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Sosial Kabupaten Belitung mencatat sejumlah kasus kekerasan yang terjadi pada perempuan dan anak.

Dari kasus-kasus yang terjadi, Kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan dan Hak Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Sosial Kabupaten Belitung, Elde Rosianti mengatakan, hampir 80 persen kekerasan terjadi pada anak, mulai dari kekerasan secara fisik, psikis, penelantaran hingga asusila.

Berdasarkan data kasus kekerasan pada anak, sebagian besar didominasi kasus perebutan hak asuh akibat perceraian orang tua.

"Perebutan hak asuh anak itu paling sering karena orangtua berpisah sampai menyebabkan sekolah anak terganggu. Sampai kami harus membantu menyelesaikan urusan kepindahan sekolah serta berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan,"jelas Elde kepada posbelitung.com, Kamis (11/4/2019).

Ia menjelaskan, kasus perebutan hak asuh ini merupakan buntut dari perceraian orang tua. Sehingga pada akhirnya dibutuhkan kebesaran hati orang tua dalam kepengurusan hak aksi tersebut. Pihaknya pun biasanya melakukan pendampingan mulai dari pendampingan sidang hingga putusan hak asuh.

Selain kasus perebutan hak asuh, kasus pada anak juga terjadi kekerasan asusila yang seringkali pelaku merupakan orang terdekat. Kasus kekerasan asusila pun terjadi pada rentang usia 5-13 tahun.

"Ketika dilaporkan, berarti itu sudah termasuk kasus yang cukup berat. Sehingga pendampingan pun kami berikan mulai dari ikut mengawal penanganan kasus, sampai ke tahap rehabilitasi dan pemberdayaan keluarga korban," ujarnya.

Selain kasus kekerasan pada anak, kasus kekerasan pada perempuan seperti kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) pun juga masih terjadi meski dalam jumlah yang lebih sedikit. (Posbelitung.com/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved