Harga Bawang di Tanjungpandan Melambung

Harga Bawang di Pasar Baro Tanjungpandan Kabupaten Belitung, mengalami kenaikan hingga 50 persen, kenaikan harga bawang ini sudah hampir tiga minggu

Harga Bawang di Tanjungpandan Melambung
(Posbelitung/Yuranda/r6)
Pedagang di Pasar Baro Tanjungpandan Kabupaten Belitung, Jumat (12/4/2019)

POSBELITUNG.CO - Harga Bawang di Pasar Baro Tanjungpandan Kabupaten Belitung, mengalami kenaikan hingga 50 persen, kenaikan harga bawang ini sudah hampir tiga minggu terakhir ini.

Rosnani satu di antara pedagang di Pasar Baro Tanjungpandan, mengatakan kenaikan harga bawang sangat tinggi hingga Sampai 50 persen dari harga sebelumnya.

"Harga bawang merah sebelumnya Rp 30.000 menjadi Rp 60.000 per kilogram, dengan modal kami ambil Rp 50.000 per kilogram. Kenaikan ini sudah dua minggu kemarin," kata Rosnani, Kepada Pos Belitung, Jumat (12/4/2019).

Lanjutnya, Sedangkan untuk bawang putih mengalami hal yang sama, harga bawang putih sebelum Rp 22.000 per kilogram menjadi menjadi Rp 40.000 per kilogram.

Ia menambahkan, penyebab bawang naik dikarenakan kapal pembawa sembako tidak datang, dan stok bawang yang habis, sehingga bawang dari padang yang datang.

"Ini juga sudah di campur sengan stok lama dan bawang lain. Untuk warna dan bauhnya juga beda. Dari pada masak tidak pakai bawang, kalau buat sambal bagus tapi buat masak kurang, wanginya tidak ada," katanya.

Senada dengan Rosnani, Selly pedagang yang sama mengatakan, kenaikan bawang ini sudah tiga minggu lebih mengalami kenaikan, untuk harga bawang merah dan bawang putih yang dia jual sama dengan pedagang yang lainnya.

"Harga bawang merah Rp 60.000 per kilogram, kalau per ons, kami jual Rp 7000 per ons, sedangkan bawang putih untuk modalnya sendiri Rp 40.000 per kilogram, kalau per ons nya Rp 5000 sampai Rp 6000 per onsnya," kata selly.

Ia menambahkan, Sedangkan untuk harga cabe sendiri mengalami penurunan, untuk cabe keriting sendiri sebelumnya harga Rp 45.000 per kilogram menjadi Rp 28.000 per kilogram, sedangkan cabe kecil mengalami kenaikan sebelumnya harga cabe kecit Rp 45.000 per kilogram menjadi Rp 70.000 per kilogram.

(Posbelitung/Yuranda/r6)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved