Berita Belitung

KPU Kabupaten Belitung Tetapkan Rekap DPTb Pasca Putusan MK

Berdasarkan data yang ditetapkan, pemilih masuk berjumlah 1.576 orang dengan rincian 1.147 laki-laki dan 429 perempuan.

KPU Kabupaten Belitung Tetapkan Rekap DPTb Pasca Putusan MK
Pos Belitung/Dede Suhendar
Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan menyerahkan berita acara kepada Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung Heikal Fackar pasca rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan DPTB pasca putusan MK Nomor 20/PUU-XVII/2019, Kamis (11/4/2019) malam. 

POSBELITUNG.CO - KPU Kabupaten Belitung kembai menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 20/PUU-XVII/2019, Kamis (11/4/2019) malam di Graha Resto Tanjungpandan.

Berdasarkan data yang ditetapkan, pemilih masuk berjumlah 1.576 orang dengan rincian 1.147 laki-laki dan 429 perempuan.

Sedangkan pemilih keluar berjumlah 754 orang dengan rincian 382 laki-laki dan 372 perempuan.

"‎Instruksi rapat pleno ini diperkuat dengan edaran KPU RI Nomor 577 dan ini menjadi kewajiban. Penetapan pada akhirnya merupakan gabungan dari proses akomodir DPTb sebelumnya ditambah masa 10 hari perintah dari MK," ujar Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan.

Menurut Soni, pemilih yang terdaftar dalam DPTb akan mendapat perlakukan yang sama dengan pemilih DPT yaitu mulai memilih di TPS terhitung semenjak pukul 07.00-12.00 WIB.

Hal ini dikarenakan dua kategori pemilih tersebut sama-sama terdaftar DPT, hanya saja pemilih DPTb mengajukan permohonan pindah memilih.

Beda halnya dengan pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK), dimana pemilih tidak terdata dalam DPT tapi memiliki bukti e-KTP untuk memilih di TPS setempat di atas pukul 12.00 WIB jika surat suara masih tersedia.

"Tapi meskipun perlakukannya berbeda tapi akan berikan kesempatan yang sama untuk memilih pada tanggal 17 April nanti sebagai wujud mengakomodir hak pilih warga negara," katanya.

(Pos Belitung/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved