Otot Betis Tegang, Begini Cara Mengatasinya

Otot betis yang tegang dan menyakitkan mungkin kita rasakan setelah sesi kardio intensif, lari, atau olahraga tubuh bagian bawah.

Otot Betis Tegang, Begini Cara Mengatasinya
Shutterstock
Ilustrasi nyeri betis 

Cara Mengatasi Otot Betis yang Tegang

posbelitung.co - Otot betis yang tegang dan menyakitkan mungkin kita rasakan setelah sesi kardio intensif, lari, atau olahraga tubuh bagian bawah.

Rasa sakit ini umumnya sangat mengganggu karena seringkali terjadi pada waktu yang cukup lama. Apalagi, betis adalah bagian dari kaki yang selalu digunakan untuk berjalan.

"Sulit untuk mengistirahatkan kaki karena kita sering menggunakannya untuk berjalan," kata profesor dan direktur ilmu kesehatan fisik dan kesehatan olahraga di Stanford University, Michael Fredericson, MD.

Selain sangat mengganggu, rasa sakit karena otot betis yang tegang juga bisa menjadi masalah serius jika dibiarkan berlarut.

Lalu, apa solusinya?

1. Foam rolling

Ilustrasi foam rolling
Ilustrasi foam rolling (hutterstock)

Spesialis ilmu olahraga dari Northwestern Medicine Running Clinic, Steven Mayer, MD mengatakan, foam roller mampu membantu meregangkan otot-otot dan tendon yang tegang. Sehingga, kita bisa melakukan peregangan yang lebih mendalam setelahnya. 

Jika otot betismu terasa sakit, Mayer merekomendasikan foam rolling untuk seluruh betis dan tendon achilles (yang terletak di sepanjang betis bagian belakang menuju tumit).

2. Peregangan dinamis dan statis

Ilustrasi peregangan dinamis
Ilustrasi peregangan dinamis (Shutterstock)
Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved