Berita Belitung

Banyak Guru Honorer Pensiun, Bupati Belitung Berharap Tahun Ini Ada Penerimaan CPNS Lagi

Pemerintah akan menyampaikan persoalan ini kepada pemerintah pusat sesegera mungkin, untuk menjadi perhatian.

Banyak Guru Honorer Pensiun, Bupati Belitung Berharap Tahun Ini Ada Penerimaan CPNS Lagi
Posbelitung/Yuranda
Bupati Belitung H Sahani Saleh 

POSBELITUNG.CO - Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) sudah memegang data berbagai nama guru di tingkatan SD dan SMP yang akan memasuki masa pensiun. Namun untuk kejelasan apakah ada moratorium khusus tenaga guru pada tahun ini, belum bisa dipastikan.

Lantaran mereka terlebih dahulu harus kembali menyampaikan informasi ini kepada pemerintah pusat. Ratusan guru pensiun ini, tentu harus disikapi dengan serius oleh berbagai kalangan.

"Ini harus jadi pemikiran bersama, karena berhubungan dengan dunia pendidikan yang menjadi prioritas. Sedangkan untuk mengganti yang pensiun-pensiun ini, kami belum ketahui nanti seperti apa langka atau instruksi dari pusat," kata Sanem kepada posbelitung.co, Sabtu (13/4/2019).

Dikatakan Sanem, pemerintah akan menyampaikan persoalan ini kepada pemerintah pusat sesegera mungkin, untuk menjadi perhatian. Terutama untuk mendorong kembali, agar ada penerimaan CPNS pada tahun ini atau tahun 2020 mendatang.

"Tenaga guru yang CPNS kemarin sudah ditempatkan, tapi ini masih kurang lagi karena banyak yang pensiun. Sedangkan untuk mendapatkan tenaga honorer, baru sekedar regulasi saja, karena gaji nya paling tidak UMP," ucapnya.

Untuk menyesuaikan gaji guru honorer menjadi UMP, lanjut Sanem, APBD Kabupaten Belitung masih belum cukup, sehingga menjadi sebuah dilema.

"Kalau dana Bos tidak mungkin, paling hanya mampu Rp 700.000,- perbulan. Kalau uang komite sekolah sulit juga, nanti dibilang pungli lagi. Inilah problem yang harus ditangani secara bersinergi untuk mengatasi banyaknya pensiun ini," pungkasnya.

(Pos Belitung/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved