Kantor Pos Layani Pembayaran PBB Masyarakat Belitung Timur

Mulai 1 Mei mendatang, masyarakat Belitung Timur dapat membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) di Kantor Pos.

Kantor Pos Layani Pembayaran PBB Masyarakat Belitung Timur
(IST/Dok Kantor Pos Tanjungpandan).
Penandatanganan MoU penerimaan pajak daerah oleh Kepala Kantor Pos Tanjungpandan Azmat Nuzul Pasa dengan Bupati Belitung Timur Yuslih, Rabu (10/4/2019) lalu. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Mulai 1 Mei mendatang, masyarakat Belitung Timur dapat membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) di Kantor Pos. Jadi yang sebelumnya pembayaran PBB dilakukan di Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah atau ditagih pihak desa, kini setiap Kantor Pos melayani pembayaran tersebut.

Hal ini dikatakan Kepala Kantor Pos Tanjungpandan Azmat Nuzul Pasa, Jumat (12/4/2019).

"Kantor Pos di Belitung Timur itu ada hampir di setiap kecamatan," katanya.

Pembayaran pajak di Kantor Pos akan dikenang biaya administrasi bergantung pada nominal pembayaran. Jika nominal pajak di bawah Rp 1 juta, wajib pajak hanya dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 3.500. Sedangkan jika nominal pembayaran lebih dari Rp 1 juta, maka biaya administrasi yang dikenakan yakni Rp 5.000.

Selain datang langsung ke Kantor Pos, wajib pajak juga dapat membayar PBB melalui aplikasi M-Agen yang dapat diunduh pengguna android di Google Play Store.

Pengguna aplikasi pun dapat mengisi deposit di aplikasi, kemudian melanjutkan ke pembayaran PBB. Selain membayar PBB, aplikasi yang diluncurkan sekitar 3 bulan lalu itu juga dapat digunakan buat membayar tagihan motor, tagihan listrik, finance, dan lainnya.

Pembayaran PBB melalui pihaknya ini merupakan hasil dari memorandum of understanding atau nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan Kantor Pos dengan pemerintah kabupaten Belitung Timur, pada Rabu (10/4/2019) lalu.

Azmat juga mengatakan, Bupati Belitung Timur Yuslih mengharapkan terobosan ini mampu meningkatkan kesadaran wajib pajak. Apalagi saat ini ada sekitar 49 ribu wajib pajak di kabupaten tersebut.

Azmat menjelaskan, sementara ini pelayanan pembayaran PBB baru dapat dilayani buat masyarakat Belitung Timur.

"Kalau Belitung kami masih dalam tahap penjajakan," tuturnya.

(Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari)

 
 

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved