Berita Belitung

29 SMP dan Tiga MTs di Belitung Siap Ikut UNBK

Setelah pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/SMK selesai, kini giliran pelaksanaan UNBK tingkat SMP/MTs.

29 SMP dan Tiga MTs di Belitung Siap Ikut UNBK
Posbelitung.com/Yuranda
Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Sutawijaya, Saat di ruang kerjanya, Jumat (12/4/2019). 

POSBELITUNG.COM-- Setelah pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/SMK selesai, kini giliran pelaksanaan UNBK tingkat SMP/MTs.

Pelaksanaan UNBK SMP/MTs di Kabupaten Belitung akan dilaksanakan pada Senin - Kamis 22-25 April 2019.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Sutawijaya, kepada Pos Belitung Saat di ruang kerjanya, Jumat (12/4).

Sutawijaya mengatakan, ada 29 SMP dan tiga MTS yang sudah siap, melakukan  UNBK baik kesiapan mental dan penguasaan materi yang akan diujikan.

Untuk pihaknya sudah melaksanakantry out atauuji coba sebanyak tiga kali.

"Mudah-mudah cukup mantap persiapannya, Kemudian dalam hal penggunaan UNBK, sudah melakukan simulasi pada bulan november 2018 dan bulan januari 2019, sedangkan glasi bersinya pada bulan maret kemarin," jelas Sutawijaya kepada bangkapos.com.

Ia menjelaskan, ada tiga sekolah menengah pertama, untuk melakukan UNBK masih menemumpang yakni sekolah SMP Negeri 2 Sijuk, SMP Negeri 3 Sijuk, dan SMP Negeri 2 Selat Nasik.

"Alhamdulillah, untuk fasilitas UNBK sudah lengkap, namun ada tiga sekolah negeri, yang masih numpang untuk melaksanakan UNBK, yakni. SMP Negeri 2 Sijuk, SMP Negeri 3 Sijuk, dan SMP Negeri 2 Selat Nasik, sedangkan SMP yang lain sudah mandiri atau sudah ada di sekolahnya sendiri," katanya.

ia menambakan, sekolah swasta yang telah melaksanakan UNBK mandiri atau sendiri yakni, SMP Muhammaddiah, SMP PGRI 1, SMP Regina, dan SMP Anugra kabupaten Belitung. Beberapa SMP yang mendapat bantuan fasilitas komputer di tahun ini, bantuan tersebut ada 32 unit komputer.

"Tahun ini kita menambahkan, kepada sekolah swasta diberi bantuan komputer untuk SMP PGRI 1, SMP Regina, dan SMP Anugrah, itu yang sudah kita bantu untuk lap komputer, tahun depan semua Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Belitung, sudah bisa untuk melakukan UNBK mandiri, " katanya.

Lanjutnya, pelaksanaan UNBK di tingkat SMP/MTs di Kabupaten Belitung terbagi beberapa sesi, dikarenakan keterbatasan alat komputer, sesuai perbandingan komputer dengan jumlah siswa.

"Ada yang satu sesi selesai, ada juga dua sesi dan tiga sesi. Kalau siswanya banyak otomatis harus tiga sesi dikarenakan komputernya belum tercukupi, sehingga dibagi tiga kelompok, "katanya.

Menurutnya untuk tahun depan bantuan komputer sudah bisa beroprasional, namun tahun ini ada beberapa SMP sudah sampai melaksanakan UNBK dengan dua sesi, kalau di tahun kemarin masih tiga sesi.

Dia mengimbau kepada orang tua, lebih memotifasi anaknya karena UNBK ini adalah salah satu syarat kelulusan.

"Walaupun ujian sekolahnya bagus, kalau tidak mengikuti UNBK atau ujian nasional maka dia tidak lulus. Syarat untuk lulus sekolah, mengikuti ujian baik itu UNBK maupun UNKP (ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil), harus ikut ujiuan nasional baru bisa lulus. Kalau hanya ujian sekolah saja maka tidak lulus," tegasnya. (Posbelitung.com/Yuranda)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved