Berita Belitung

Wabup Belitung Sarankan Warung Makan Miliki Informasi Gizi

Wakil Bupati Kabupaten Belitung Isyak Meirobie mengharapkan PERSAGI dapat berperan dalam bidang kepariwisataan

Wabup Belitung Sarankan Warung Makan Miliki Informasi Gizi
Posbelitung.com/Adelina Nurmalitasari
Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie berfoto bersama pengurus PERSAGI Kabupaten Belitung dan Belitung Timur usai dilantik di Kantor Bappeda, Tanjungpandan, Sabtu (13/4/2019). 

POSBELITUNG.COM-- Wakil Bupati Kabupaten Belitung Isyak Meirobie mengharapkan PERSAGI dapat berperan dalam bidang kepariwisataan, selain juga tetap membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi stunting.

Peran tersebut misalnya dalam memberikan informasi gizi pada menu-menu di setiap tempat makan seperti warung dan restoran.

"Bila perlu bahan-bahan makanan di warung itu ditempelkan agar bahan di warung makan disebut kandungan dan kalori. Kalau itu terlalu panjang dicantumkan dalam tabel, bisa dibuat QR code," saran Isyak, Sabtu (13/4/2019). 

Inovasi tersebut tentunya akan membuat warung memiliki informasi yang sangat bagus sehingga memudahkan bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi gizi.

Menurutnya, sekarang dinas kesehatan sudah mendata seluruh warung dan gerobak kemudian ditempelkan stiker layak konsumsi sehingga dicek apa mengandung pewarna dan pengawet.

"Senin akan mulai menempel warung dan gerobak kaki lima. Jadi masyarakat maupun wisatawan bisa dengan nyaman membeli makanan karena melihat stiker yang menyatakan sudah aman," katanya.

Pemberian stiker layak konsumsi pun akan diteruskandisosialisasikan secara masif sampai di semua pedagang kaki lima.

Ketua DPC PERSAGI Kabupaten Belitung Elmiati pun menyambut baik ide tersebut. Menurutnya, usai dilantik pihaknya pun akan tindaklanjuti.

"Langkah yang akan kami lakukan dengan dinas K\kesehatan yang merupakan leading sector pengelola laik hygiene sanitasi. Mungkin kami akan meminta data rumah makan yang sudah memiliki sertifikat laik hygiene sanitasi karena kalau ingin mencantumkan gizi makanan maka rumah makan tersebut harus dipastikan memiliki laik hygiene sanitasi dulu. Setelah itu baru kami membantu membuatkan nilai gizi," imbuhnya. 

(Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari).

  

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved