Begini Kondisi Bumi Apabila Lubang Hitam Berada di Posisi Bulan

Event Horizon Telescope (EHT) baru saja memamerkan dari foto lubang hitam, atau lebih kita kenal dengan sebutan black hole, yang berada sejauh 55 juta

Begini Kondisi Bumi Apabila Lubang Hitam Berada di Posisi Bulan
EHT
Foto pertama dari Black Hole 

posbelitung.co - Event Horizon Telescope (EHT) baru saja memamerkan dari foto lubang hitam, atau lebih kita kenal dengan sebutan black hole yang berada sejauh 55 juta tahun cahaya, pada Rabu lalu (10/4).

Meskipun terbilang sangat sangat sangat jauh, pada pernah bayangin nggak sih gimana jadinya kehidupan di tata surya kita, khususnya bumi, kalau black hole tepat di posisi bulan saat ini?

Menurut keterangan dari seorang astronom amatir bernama Marufin Sudibyo, lubang hitam yang memiliki masa minimal tiga kali lipat matahari dan maksimal 20 kilometer bisa menghancurkan benda-benda dengan jarak 6 juta kilometer di depannya.

Foto Lubang Hitam dari Galaksi Terjauh Bumi Berhasil Dipotret Astronom

"Lubang hitam memiliki massa minimal 3-5 kali lipat massa Matahari, dengan diameter sekitar 10-20 km saja.Secara teoritis, benda yang ada di sekitar lubang hitam dengan jarak 6 juta km akan hancur akibat gaya pasang surut gravitasi," ujar Marufin seperti dikutip HAI dari kompas.com

Lebih lanjut, Marufin menjelaskan bahwa nggak cuma bumi yang akan lenyap apabila black hole supermasif seperti Messier 87 berada di posisi bulan, melainkan seluruh benda di tata surya kita akan ikut menghilang.

"Segenap tata surya kita akan lenyap," jelas Marufin.

Lubang Hitam Objek Luar Angkasa Bisa Menelan Apa pun di Sekitarnya

Selain itu, makhluk hidup yang tinggal di bumi nantinya akan tercabik-cabik menjadi partikel elementer berupa kuark dan juga elektron sebelum akhirnya dimampatkan ke dalam ruangan yang sangat sempit.

"Jika pusat lubang hitam supermasif ini berada di posisi bulan, maka bumi dan penghuninya akan tercabik-cabik menjadi partikel paling elementer berupa kuark dan elektron. Semuanya lantas dimampatkan dalam ruang sangat sempit," terangnya lebih lanjut.

Hmm, ngeri juga nih sob! Ya semoga aja black hole-nya nggak pindah ke posisi bulan saat ini ya. (*)

artikel ini telah tayang di https://hai.grid.id/read/071697845/ngeri-begini-nasib-bumi-apabila-black-hole-berada-di-posisi-bulan

Editor: fitriadi
Sumber: Hai-online.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved