Berita Belitung

BMKG Prediksi Besok Siang Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Kembali Mengguyur Belitung

Kepala UPT BMKG Stasiun Meteorologi Buluh Tumbang Carles mengatakan kondisi cuaca di Belitung masih akan diguyur hujan hingga besok.

BMKG Prediksi Besok Siang Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Kembali Mengguyur Belitung
Pos Belitung/Dede Suhendar
Kepala UPT BMKG Stasiun Meteorologi Buluh Tumbang Carles. 

POSBELITUNG.CO - Kepala UPT BMKG Stasiun Meteorologi Buluh Tumbang Carles mengatakan kondisi cuaca di Belitung masih akan diguyur hujan hingga Selasa (16/4/2019) besok.

‎Berdasarkan prakiraan, hujan dengan intensitas rendah hingga sedang akan mengguyur di beberapa‎ titik disertai angin kencang dan petir.

"Kalau prakiraan kami, besok itu masih akan turun hujan siang hari tapi sifatnya lokal, jadi bagi masyarakat tetap harus waspada petir dan angin kencang," ujar Carles kepada posbelitung.co, Senin (15/4/2019).

Ia menjelaskan tipe lokal Belitung sebagai wilayah kepulauan sangat berpengaruh terhadap potensi terjadinya petir.

Kondisi angin laut yang datang di waktu pagi dari berbagai arah, seakan-akan bertemu di atas Pulau Belitung dan membuat pertumbuhan awan lebih cepat. Sebab, angin laut membawa lebih banyak uap air.

"Secara ilmu meteorologi, awan-awan yang itu disebut awan konvektif seperti comulonimbus (CB) dan comulus (CO). Awan ini berpotensi terjadinya petir," jelasnya.

Kata Carles, awan CB yang ‎terbentuk mengandung muatan listrik positif dan negatif. Lalu, untuk mencapai kondisi stabil maka ion positif akan mencari pasangannya yaitu ion negatif.

Sehingga terjadi lompatan ketika ion tersebut mencari pasangan yang menyebabkan terjadinya petir.

Kemudian dalam proses menuju stabil‎, bisa terjadi pada awan itu sendiri, awan dengan awan dan awan dengan permukaan bumi.

"Jadi yang berbahaya itu ketika prosesnya sampai ke permukaan bumi. Itu lah yang bisa menyambar pohon, rumah bahkan manusia," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved