Peneliti Ceroboh Penemu Penisilin untuk Antibiotik, Siapakah Dia?

Pernahkah teman-teman terserang sakit seperti batuk dan flu atau terluka, lalu diberi obat berjenis antibiotik oleh dokter?

Peneliti Ceroboh Penemu Penisilin untuk Antibiotik, Siapakah Dia?
via historyhole
Alexander Fleming 

POSBELITUNG.CO - Pernahkah teman-teman terserang sakit seperti batuk dan flu atau terluka, lalu diberi obat berjenis antibiotik oleh dokter? 

Antibiotik bermanfaat untuk menekan pertumbuhan dan menghentikan pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab infeksi dan menyebabkan timbulnya beberapa penyakit, seperti sinusitis, tifus, dan luka yang terkena infeksi.

Alexander Fleming merupakan penemu penisilin yang kemudian dikembangkan menjadi antibiotik.

Penemuan penisilin ini ternyata hal yang tidak disengaja akibat dari kecerobohannya, lo.

Pada September tahun 1928, setelah Alexander Fleming meninggalkan laboratoriumnya untuk liburan ia menemukan piring pembiakan bakteri yang sebelumnya diteliti lupa disimpan.

Bakteri yang sedang diteliti itu ternyata terkontaminasi oleh jamur dan dibuang oleh Fleming, namun ia melihat perkembangan bakteri pada daerah yang terkena jamur yang terkontaminasi menjadi terhambat.

Jamur tersebut ternyata berasal dari genus penicillium, maka dari itu obat yang ditemukan Fleming diberi nama penicilin (penisilin).

 Fleming menemukan bahwa pemberian penisilin dalam jumlah dan jangka waktu yang tepat dapat menghentikan bakteri penyebab infeksi.

Alexander Fleming merupakan seorang dokter, bakteriologis, peneliti, dan penemu yang lahir pada 6 Agustus 1881 di Skotlandia.

Pada awalnya, Fleming ternyata bercita-cita menjadi seorang dokter bedah, lo. Namun setelah ia membantu di laboratorium di rumah sakit St. Mary, Fleming bercita-cita menjadi seorang bakteriologis.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved